Dampak Pembelajaran Kewirausahaan, Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Trunojoyo Jember

Penulis

  • Shendy Andrie Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Neviyani Neviyani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ervin Nurah Masari Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10443

Kata Kunci:

Pembelajaran Kewirausahaan, Media Sosial, Minat

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran kewirausahaan dan media sosial yang dilakukan oleh pihak sekolah. Adanya hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada minat berwirausaha siswa. Sehingga tujuan penelitian menganalisis dampak pembelajaran kewirausahaan, media sosial terhadap minat berwirausaha siswa. Dari data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada siswa kelas XII SMK Trunojoyo Jember. Sampel yang digunakan berjumlah 75 responden siswa kelas XII BDP. Jenis pendekatan kuantitatif serta metode analisis regresi linear berganda. Uji t dan uji f dengan taraf nilai α = 5% digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Dari hasil penelitian uji t pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha memiliki nilai 10,610 > 1,6660, sedangkan media sosial terhadap minat berwirausaha memiliki nilai 15,826 > 1,6660. Serta taraf signifikansinya 0,000, sehingga ada pengaruh secara signifikan secara parsial.  Selanjutnya secara simultan variabel independen (pembelajaran kewirausahaan dan media sosial) dalam penelitian ini memiliki nilai 20,145 > 3,12 sehingga terdapat pengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu minat berwirausaha pada siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BPS dalam Wijaya, M. O., & Utami, E. D. (2021). Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), 801–810. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2021i1.1048

Christina, W., Purwoko, H., & Kusumowidagdo, A. (2015). The Role of Entrepreneur in Residence towards the Students’ Entrepreneurial Performance: A Study of Entrepreneurship Learning Process at Ciputra University, Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(September), 972–976. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.129

Listiawati, M., Dyah, C., & Susantiningrum, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Di Mahasiswa Fkip Uns. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 25(1), 27. https://doi.org/10.20961/jkb.v25i1.43386

Setiawan, D. E. (2021). Kepemimpinan Kristen di Era Bonus Demografi Pasca Sensus Penduduk Indonesia Tahun 2020. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 2(1), 12–27. https://doi.org/10.34307/kinaa.v2i1.23

Sugiyono. (2019). Sugiyono, 2019.pdf. In Statistika untuk Penelitian.

Sundari, C. (2019). Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. Prosiding SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS, Fintech dan E-Commerce untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif, 555–563.

Surindra, B., Artantri, M. W., Forijati, R., & Anas, M. (2021). ANALISIS PENGANGGURAN DAN KESEMPATAN KERJA DI MASA PANDEMI COVID-19. 1, 68–74.

Tangkeallo, D. I., & Tangdialla, R. (2021). Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 74. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15964

Dwi, E., & Watie, S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial ( C ommunications and Social Media ). III, 69–75.

Dwiridotjahjono, I. F. A. dan J. (2019). Probability Sampling. 10(2), 139–154.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ( Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House ). 3.

Wahyu, I. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran.

Diterbitkan

2022-09-22

Cara Mengutip

Andrie Wijaya, S., Neviyani , N., & Masari, E. N. (2022). Dampak Pembelajaran Kewirausahaan, Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Trunojoyo Jember. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 36–41. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10443
Received 2022-09-02
Accepted 2022-09-18
Published 2022-09-22