Analisis Disiplin Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022

Penulis

  • Nurma Nurma Universitas Islam Riau
  • Suryanti Suryanti Senior Lecturer

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10388

Kata Kunci:

disiplin belajar, pembelajaran daring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin belajar siswa selama pembelajaran daring kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 118 siswa, diambil secara acak atau random sampling dari siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru. Angket yang disebarkan terdiri dari 31 pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada sub indikator patuh dan taat terhadap tata tertib belajar disekolah diperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 77,56% dengan kategori kurang baik, persiapan dalam kegiatan pembelajaran diperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 76,10% dengan kategori baik, perhatian terhadap kegiatan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,85% dengan kategori kurang baik, mempunyai rencana atau jadwal belajar diperoleh rata-rata persentase sebesar 72,27% dengan kategori baik, dan belajar dalam tempat dan suasana yang medukung diperoleh rata-rata sebesar 77,82% dengan kategori kurang baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar siswa selama pembelajaran daring kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022 diperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 77,32% dalam kategori baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nurma Nurma, Universitas Islam Riau

Pendidikan Biologi

Referensi

Anas, A., & Fitriani, A. (2019). Dampak Media E-Learning terhadap Kedisiplinan dalam Mengerjakan Tugas dan Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 74–82.

Fitri, N., Safei, S., & Marjuni, H. (2016). Pengaruh sikap kedisiplinan dan kejujuran peserta didik terhadap hasil belajar biologi. Jurnal Biotek, 4(1), 83–100.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.

Hartanto, D., & Syafitri, M. A. (2021). Giving Incentives and the Impact on the Discipline of Economic Teachers in Implementing Their Assignment. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 121–127.

Leni, L., & Suripah, S. (2022). Students’ Perceptions towards Blended Learning during Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 793–804.

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122–129.

Mukhlisan, M. (2021). Pengaruh pengaturan jadwal pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Donggo Tahun Pelajaran 2019/2020. UIN Mataram.

Pertiwi, G. F. (2020). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Getasan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Riduwan, M. B. A. (2016). Dasar-dasar Statistik. Alfabeda.

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah/Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1).

Sardiman, A. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiani, F., Wiguna, A., & Setiawan, W. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Anak. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 5(2), 110–118.

Sholihah, N. (2019). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah di SMP Negeri 1 Sumber Tulungagung.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi (6th ed.). PT Rineka Cipta.

Suripah, S, Suyata, S., & Retnawati, H. (2018). Exploration of pedagogical content knowledge preservice teacher for analyzing mathematics understanding in elementary school. In AIP Conference Proceedings, 2014 (1), 020018. https://doi.org/10.1063/1.5054422

Suripah, Suripah, Firdaus, F., & Novilanti, F. R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Terintegrasi Nilai Karakte. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 547–559. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1247

Suryanti, S., Hariono, A. F., & Ferazona, S. (2022). Hubungan minat belajar dan motivasi belajar dengan disiplin belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Pekanbaru tahun ajaran 2020/2021. Biology and Education Journal, 2(01), 11–23.

Witri, A., & Fitriani, R. S. (2020). Deskripsi Sikap Kedisiplinan Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 19 Kota Jambi. Integrated Science Education Journal, 1(3), 89–93.

Diterbitkan

2022-09-21

Cara Mengutip

Nurma, N., & Suryanti, S. (2022). Analisis Disiplin Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 29–35. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10388
Received 2022-08-29
Accepted 2022-09-13
Published 2022-09-21