Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Daring dan Tatap Muka Terbatas Di SMAN 2 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10354Kata Kunci:
Persepsi siswa, Pelaksanaan Pembelajaran BiologiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring dan tatap muka terbatas pada masa Pandemi Covid-19 Kelas XI IPA SMAN 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021/2022, berjumlah 75 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini sebanyak 75 siswa, diambil secara acak siswa kelas XI IPA. Angket yang disebarkan terdiri dari 38 item pernyataan pembelajaran daring dan 38 item pernyataan pembelajaran tatap muka terbatas. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring dikategorikan baik dengan rata-rata 73,02% dan Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi tatap muka terbatas dikategorikan baik dengan rata-rata 79,01%. Dimana dari 2 variabel tersebut pembelajaran biologi secara tatap muka terbatas memiliki rata-rata 79,01% lebih tinggi dari pada pembelajaran biologi secara daring 73,02%. Siswa masih kesulitan dalam memahami pembelajaran secara daring.
Unduhan
Referensi
Adijaya, N & Santosa, LP.2018. Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online.Jurnal Pendidikan. 10(2): 105-110. (Diakses: 27 Januari 2022)
Arifin, D. Z (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya, 153-166.
Arikunto. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
Artayasa, I.P., Yamin, M., Nathania, E.A., Alfiana, F., Anwari, K. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Tatatp Muka dengan Sistem Bergilir Dibandingkan Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol.7(2). (Diakses: 28 Agustus 2022)
Darmadi. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial.Bandung: Alfabeta.
Djamarah, B.S. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta. Jakarta
Hanafi, 2012. Persepsi Siswa terhadap Kegiatan Pelaksanaan Pembelajaran IPS Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 5 Tapung Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. FKIP UIR. Pekanbaru
Jayawardana. 2017. Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. Jurnal Bioedukatika. UAD Yogyakarta. 5(1): 12-17. (Diakses: 26 September 2021)
Malyana, A. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Belitung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. 2 (1):67-78. ((Diakses: 28 Januari 2022)
Marliani, R 2010. Psikologi Umum. CV Pustaka Setia. Bandung
Ni‟mah, LF. 2015.Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman Untuk Mengingatkan Motivasi Keislaman Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa X IPA MA Miftahul Huda Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Tahun 2015. Skripsi.FKIP UIN Walisongo.
Permana, GK, Daryanti & Maulana, A. 2013.Persepsi Siswa dan Guru Terhadap
Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-Learning di SMK Negeri 4 Jakarta.Jurnal Pensil. 2(3): 111-117. (Diakses: 26 September 2021)
Permendiknas nomor 16 Tahun 2007 Tentang stadar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.(Diakses:25 januari 2022).
Purwanto, M.N,. (2020). Prinip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya
Rahkmat, J. 2011. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Satistika. Bandung : Alfabeta
Sanjaya, W. 2015. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana. Jakarta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Accepted 2022-09-19
Published 2022-09-21