Ethnosains: Analisis Implementasi Budaya Melayu Riau pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Ethnosains: Analisis Implementasi Budaya Melayu Riau pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Vany Sinthya SD Islam Cendekia Bukit Tinggi
  • Syelvina Safitri Universitas Islam Riau
  • Suripah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).10259

Kata Kunci:

budaya melayu Riau, ethnosains, implementasi, pendidikan dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sikap sosial yang terdiri dari kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan toleransi di sekolah dasar Kabupaten Karanganyar, Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Delapan informan yang direkrut terdiri dari guru dan siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penilaian untuk memeriksa keabsahan data adalah triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar guru belum mengamati aktivitas siswa di dalam dan di luar kelas setiap hari. (2) Beberapa guru mencatat setiap hari, beberapa lainnya secara kebetulan. Indikator didapat dari kombinasi pedoman resmi dan mereka sendiri. (3) Semua guru paling tidak menilai dua dimensi (disiplin dan kejujuran), yang lain sama sekali diabaikan. Semua guru setidaknya menggunakan dua teknik. (4) Guru menindaklanjuti penilaian dengan menginformasikan siswa secara berkala (triwulanan) dan memberikan pujian atau nasihat. Implikasi dari penelitian ini adalah: Pertama, kepala sekolah dasar di Indonesia harus memperkaya pengetahuan dan wawasan guru terkait penilaian sikap sosial. Kedua, pemerintah dengan dukungan peneliti harus merancang sistem penilaian yang sangat baik untuk mengatasi keterbatasan waktu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Syelvina Safitri , Universitas Islam Riau

Pendidikan GuruSekolah Dasar

Suripah, Universitas Islam Riau

 

 

Referensi

Aditya, Z. F. (2019). Romantisme Sistem Hukum Di Indonesia: Kajian Atas Konstribusi Hukum Adat Dan Hukum Islam Terhadap Pembangunan Hukum Di Indonesia. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 8(1), 37–54.

Aryantini, N. P., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2018). Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 99–110.

Astuti, S. I., & Darsinah, D. (2019). Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Manajemen Pendidikan, 13(2), 165–174.

Cerit, Y. (2013). Relationship between teachers’ self-efficacy beliefs and their willingness to implement curriculum reform. International Journal of Educational Reform, 22(3), 252–270.

Erica, D., Haryanto, H., Rahmawati, M., & Vidada, I. A. (2019). Peran orang tua terhadap pendidikan anak usia dini dalam pandangan islam. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 58–66. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3993

Ilhami, A., Suci, D. A., Melianti, M., Fernando, A., & Pernantah, P. S. (2021). Ethnoecology Local Communities on Kasboyo Lake: Exploration of Conservation Values Using the Ethnoscience Approach as a Source of Natural Science Learning. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(2), 149–156.

Irawan, B., & Muhartati, E. (2019). Identifikasi Nilai Etnosains pada Kearifan Lokal Berkarang dan Menyondong Ikan Pada Masyarakat Pesisir Bintan. Pedagogi Hayati, 3(1), 53–58.

Jampel, I. N., Widiana, I. W., & Divayana, D. G. H. (2016). The Effect of Implementation Authentic Assessment Development Result based on ICT Toward Student’s Learning Outcome in Learning Process by 2013 Curriculum. International Journal of Modern Education and Computer Science, 8(5), 32.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63–74.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389–396.

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26.

Laititia, T., & Ngazizah, N. (2021). Pembelajaran Tematik Dengan Etnosains untuk Mengembangkan Scientific Attitude. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 3.

Lidi, M. W., & Dhiki, Y. Y. (2020). Identifikasi potensi kearifan lokal masyarakat Golewa Kabupaten Ngada sebagai upaya pengembangan di bidang pendidikan. AGRICA, 4(1), 21–29.

Maharani, Y. (2015). Efektivitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31–40.

Marsigit, M., Suripah, S., Istikomah, D. A., Utami, N. W., Kurniasih, N., Salamia, S., … Tisngati, U. (2016). Kurikulum Pendidikan Matematika Berbasis Karakter. Yogyakarta: Media Akademi.

Maryani, I., & Martaningsih, S. T. (2017). Primary school teachers’ perception about curriculum 2013 assessment system. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 153–164.

Nuralita, A. (2020). Analisis penerapan model Pembelajaran berbasis etnosains dalam pembelajaran tematik SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(1), 1–8.

Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh model PBL bermuatan kearifan lokal terhadap sikap sosial dan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Journal of Education Technology, 3(1), 28–34.

Puspasari, H. W., & Pawitaningtyas, I. (2020). Masalah Kesehatan Ibu Dan Anak Pada Pernikahan Usia Dini Di Beberapa Etnis Indonesia; Dampak Dan Pencegahannya. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 23(4), 275–283.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214.

Safitri, D., & Wati, A. (2014). Analisis indikator gaya hidup yang berhubungan dengan usia menarche remaja putri. Riau University.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Suastra, I. W. (2010). Model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan potensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(1).

Suripah, Marsigit, & Rusli. (2021). Etnomatematika : Eksplorasi Konsep-Konsep Matematika pada Makanan Khas Melayu Riau. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–38.

Suripah, S, Suyata, S., & Retnawati, H. (2018). Exploration of pedagogical content knowledge preservice teacher for analyzing mathematics understanding in elementary school. AIP Conference Proceedings, 2014 (1). https://doi.org/10.1063/1.5054422

Suripah, Suripah, & Retnawati, H. (2019). Student Mathematical Connection Ability in Representing Multiplication at the Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 12080. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012080

Suyanto, S. (2018). The implementation of the scientific approach through 5Ms of the revised curriculum 2013 in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 22–29.

Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 140–147.

Widyanti, T. (2015). Penerapan nilai-nilai kearifan lokal dalam budaya masyarakat kampung adat Cireundeu sebagai sumber pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 157–162.

Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 283–304.

Diterbitkan

2023-04-05

Cara Mengutip

Sinthya, V., Safitri , S. ., & Suripah. (2023). Ethnosains: Analisis Implementasi Budaya Melayu Riau pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar: Ethnosains: Analisis Implementasi Budaya Melayu Riau pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 17–24. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).10259
Received 2022-08-12
Accepted 2022-12-17
Published 2023-04-05