Eksperimentasi Model Pembelajaran Self-Direct Learning dengan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital

Penulis

  • Ayis Crusma Fradani IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Fruri Stevani IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Agus Kurniawan IKIP PGRI BOJONEGORO

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).10022

Kata Kunci:

Self-Direct Learning, Komik digital, Hasil Belajar

Abstrak

Di masa pandemi yang belum juga usai yang mengharuskan pembelajaran secara daring seperti sekarang ini pembelajaran mandiri merupakan salah satu solusi yang bisa diterapkan, akan tetapi pembelajaran mandiri juga menimbulkan permasalahan karena harus sesuai baik model atau media yang digunakan agar capaian pembelajaran bisa tercapai. Model dan media pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang diperoleh mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini diperlukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Self-Direct Learning yang dipadukan dengan media pembelajaran komik digital terhadap hasil belajar mata kuliah Techno-Edupreneurship pada mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2020/2021 dengan cara membandingkan hasil belajar yang diperoleh melalui metode dan media tersebut dengan hasil belajar pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu yang membandingkan satu atau lebih kelompok penerima perlakuan dengan kelompok lainnya yang tidak menerima perlakuan sebagai pembanding. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran Self-Direct Learning dipadukan media pembelajaran komik digital degan memperoleh rata-rata nilai lebih tinggi dari pada mahasiswa dengan pembelajaran langsung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agi Septiari Narestuti, Diah Sudiarti, Umi Nurjanah.(2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan biologi-Universitas Siliwangi Vol. 6 Nomor 2.

Budiarti, W., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan media komik digital untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233-242. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Davi Maya Maghrobi Arum, Wahyuni Suryaningtyas, Sandha Soemantri. (2020). Efektivitas Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Daring pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal Of Education And Teaching. Volume 3. Nomor 1.

Elder, Josh. (2014). Comics in the Classroom: Why Comics?. Diakses melalui https://teach.com/blog/why-comics/ pada 2 Agustus 2021.

Elis Mediawati. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1.

Endang Mulyatiningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Epi Patimah, Sumartini Sumartini. (2022). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring: Literature Review. EDUKATIF- Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 4. No 1.

Farhan Saefudin Wahid, Alim Mutaqin, Yasin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Bina Ilmiah. Vol. 16 No 5.

Heryanti. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS Di SMA Negeri Bengkulu Utara). DIADIK-Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. Volume 11. Nomor 1.

Huda; M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar

Kasim Karatas. (2021). The Role of Self-directed Learning, Metacognition, and 21st Century

Skills Predicting the Readiness for Online Learning. CONTEMPORARY EDUCATIONAL TECHNOLOGY. 2021, 13(3), ep300, https://doi.org/10.30935/cedtech/10786

Mirani, A, et. Al. (2016). Mathematical Understanding andRepresentation Ability of Public Junior High School in North Sumatra. Journal on Mathematics Education. Vol 7. No 1. 45-58

Ni Nyoman Lisna Handayani, Nyoman Dantes, I Wayan Suastra. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Terhadap Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013).

Niken Bayu Argaheni. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, Vol.8 (2).

Nur Meity et al., (2017). Penerapan Self-Directed Learning Melalui Sistem PBL pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Asia: Suatu Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia - The Indonesian Journal of Medical Education Vol. 6 No. 3.

Nurul Hidayah Dan Rifky Khumairo Ulva. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor 1.

Plews, R. C. (2017). Self-Directed in Online Learning. International Journal of Self-Directed Learning, 14(1): 37-57

Retno Puspitorini, A.K. Prodjosantoso, Bambang Subali, Jumadi Jumadi.(2014) Penggunaan media komik dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Cakrawala Pendidikan Oktober, Th. Xxxiii, No. 3.

Riza Anugrah Putra, Mustofa Kamil, Joni Rahmat Pramudia. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Volume 1. Nomor 1.

Yang, J. (2021). Developing Self-directed Learning in Technology-based Learning Environments. In E. Langran & L. Archambault (Eds.), Proceedings of Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (pp. 890-894). Online, United States: Association for the Advancement of Computing in Education (AACE). Retrieved February 8, 2022 from https://www.learntechlib.org/primary/p/219232/.

Diterbitkan

2022-07-13

Cara Mengutip

Fradani, A. C., Stevani, F., & Kurniawan, A. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Self-Direct Learning dengan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital . Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 80–87. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).10022
Received 2022-07-11
Accepted 2022-07-12
Published 2022-07-13