(META-ANALISIS) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DAN AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.25299/peka.2022.vol10(2).11324Keywords:
Meta Analisis, Multimedia Interaktif, Pembelajaran Ekonomi dan AkuntansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengapa Multimedia Interaktif penting untuk dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi dan akuntansi. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 5 artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2015-2020 pada jenjang SMA dan SMK. Berdasarkan kajian 5 jurnal tersebut dapat juga dilihat kelima jurnal tersebut semuanya menggunakan jenis penelitian R & D, namun dengan model penelitian yang bervariasi seperti model 4D yaang dimodifikasi menjadi 3D, model ADDIE (2 jurnal), Teori Borg dan Gall, Model menurut Bintoro. Selain itu diperoleh dari kajian 5 jurnal jenis materi yang digunakan sangat bervariasi dan diperoleh hasil uji validasi kelayakan materi tertinggi yaitu sebesar 93,34% dan yang terendah yaitu sebesar 84%. Selanjutnya jenis media yang digunakan sangat bervariasi dan diperoleh hasil uji validasi kelayakan media tertinggi yaitu sebesar 100% dan yang terendah yaitu 85,8%. Terahir hasil uji coba kelayakan Produk tertinggi yaitu sebesar 90,15% dan yang terendah yaitu 80%. Hasil uji coba kelayakan produk kelima jurnal tersebut masuk dalam kategori sangat layak.