VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI TINGKAT SMA
DOI:
https://doi.org/10.25299/peka.2023.vol11(1).13025Keywords:
Video Animasi, Powtoon, Media pembelajaran ekonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi validitas penggunaan video animasi berbasis Powtoon sebagai media pembelajaran ekonomi di tingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Powtoon sebagai media pembelajaran ekonomi memiliki validitas yang tinggi dalam meningkatkan efisiensi pembelajaran, motivasi siswa, dan pemahaman konsep ekonomi. Powtoon menyajikan konten dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswa, serta menampilkan animasi yang menarik dan informatif. Rekomendasi untuk melanjutkan pengembangan video animasi berbasis Powtoon dalam pembelajaran ekonomi di tingkat SMA didasarkan pada validitas yang terbukti dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan materi dan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik, dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di tingkat SMA.
Downloads
References
Badariah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1229
Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17
Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 113–126. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12721
Ikhwansyah, M. R., & Sulistiyo, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Interaktif Pada Mata Pelajaran Penerapan Sistem Radio Dan Televisi Materi Sistem Penerima Dan Pemancar Radio Kelas Xi Tav Di Smk Negeri 1 Sidoarjo. 1–7.
Irwan, F., Santyasda, I. W., & Tegeh, I. M. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Self Regulated Learning dengan Model ADDIE untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mendoyo. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Khofifah, K., & Kamalia, P. U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips 1 Sman 1 Cerme. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 15(2), 81. https://doi.org/10.24114/jtp.v15i2.36144
Kresna, N., Pratama, P., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–128.
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774–783. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/viewFile/5886/4220