Studi Fenomenologi Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Pembangunan Daerah

Authors

  • Ivan Taufiq Universitas Islam Riau
  • Dyah Pithaloka Universitas Islam Riau
  • Beva Rahmadani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2023.vol11(02).15154

Keywords:

Fenomenologi, Komunikasi Pembangunan, Komunikasi, Pembangunan Daerah

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat maju dan berkembang, perkembangan teknologi tersebut memunculkan sebuah era yang kita sebut sebagai era digital. Perkembangan digital dan internet memunculkan sebuah media baru yaitu media sosial. Media sosial merupakan sebuah wadah bagi masyarakat dalam menampilkan aktifitas sehari-hari atau bahkan ada yang menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial dimanfaatkan oleh masyarakat dalam konteks positif yaitu menyebarkan informasi bagi pembangunan daerah yaitu Kota Pekanbaru.

Munculnya masyarakat yang menggunakan media sosial dalam konteks pembanugnan daerah tentu menjadi sebuah hal yang tidak wajar atau dalam penelitian ini sebuah fenomena. Media sosial yang sudah menjadi media komunikasi aktif dan interaktif mampu memberikan informasi berkaitan dengan permasalahan yang ada di masyarakat dan juga mampu menjadi media aspirasi masyarakat.

Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi fenomenologi dengan menggunakan analisis kualitatif. Penelitian kualitatif berfungsi untuk mampu mendeskripsikan secara detail informasi yang diperoleh dari informan, Adapun informasi yang akan dikumpulkan dalam peneliti ini adalah bagaimana perubahan masyarakat tradisional menuju masyarakat digital dalam konteks pembangunan daerah, serta mencari hubungan antara masyarakat dengan penggunaan media sosial hari ini. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang yang mana informan merupakan masyarakat Kota Pekanbaru yang memiliki akun Instagram dan pernah menggunakan media sosialnya untuk menyebarkan informasi berkaitan kritik atau saran dalam sarana dan prasarana Kota Pekanbaru.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya faktor-faktor tertentu yang berhasil peneliti peroleh yaitu masyarakat sudah sangat memahami budaya masyarakat digital, masyarakat Kota Pekanbaru juga sudah bisa menggunakan media sosialnya untuk membuat konten yang berkaitan dengan Kota Pekanbaru, adanya faktor komunikasi dan pengembangan kapasitas diri dari masyarakat pengguna media sosial di Kota Pekanbaru juga menjadi poin penting dalam memanfaatkan media sosial sebagai media pembangunan daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, H. (2018). Pengantar Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chika Ananda Putri Irza, I. T. (2022). Konsep Diri Perempuan Cantik Di Instagram. Jurnal Medium, 214-224.

Havid Syafwan, P. P. (2021). Peranan Media Sosial dan Teknologi Informasi Dalam Memajukan Pembangunan Daerah. Jati Emas, 29-34.

Ivan Taufiq, B. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Tiktok Live terhadap Sikap Percaya Diri Mahasiswa Universitas Islam Riau. Syntax Literate, 350-365.

Jaya, P. H. (2020). Media sosial, komunikasi pembangunan, dan munculnya kelompok-kelompok berdaya. Jurnal Kajian Komunikasi, 166-178.

Jessica Wiguna, N. M. (2022). Optimalisasi Instagram @Siapdarling Sebagai Media Komunikasi Sosial Pembangunan Untuk Mengkampanyekan Generasi Muda Sadar Lingkungan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 17-27.

Morrisan. (2019). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Muhamad Yunus, H. P. (2022). Policy Implementation Of The Government Of The Province Of Dki Jakarta As The State Capital Of Indonesia. Jurnal Medium, 323-337.

Nasution, Z. (2014). Komunikasi Pembangunan, Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta: Raja Grafindo.

Novliza Eka Patrisia, F. A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Dalam Pelaksanaan Pembangunan Nasional. Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, 129-136.

Silvana, T. R. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Komunikasi Dalam Rangka Sosialisasi Program GPMB (Gerakan pembinaan masyarakat baca) di Jawa Barat. Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, 25-38.

Soetomo. (2013). Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2023-12-31