Aplikasi Legalitas Surat Izin Mengemudi (SIM) Berbasis Mobile (Studi Kasus : Polisi Resort Rengat)

Authors

  • Des Suryani Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau
  • Ana Yulianti Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau
  • Muhammad Zulhelmi Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol2(2).1105

Keywords:

Surat Izin Mengemudi, legalitas, polisi

Abstract

Berdasarkan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, maka setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan. Dalam hal ini juga nantinya akan adanya sanksi pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda kepada setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dapat menunjukkan Surat Izin Mengemudi yang sah. Dalam proses penegakkan hukum di jalan khususnya di Polres Rengat masih terdapat kendala untuk mengetahui legalitas Surat Izin Mengemudi (SIM) pengendara dimana harus mengecek masa berlaku dari SIM pengendara. Legalitas SIM masih dilakukan  secara manual karena minimnya alat untuk membuktikan legalitas SIM pengendara. Dalam penelitian ini telah dibangun sebuah aplikasi yang dapat membantu pihak kepolisian untuk mengetahui legalitas SIM pengendara pada saat penegakkan hukum di jalan. Dalam aplikasi ini menggunakan sebuah database yang terdiri dari 7 (tujuh) table yang saling berelasi. Berdasarkan pengujian terhadap sistem tersebut diperoleh hasil 84%, sehingga sistem ini layak untuk diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chazawi, Adami dan Ferdian, Ardi., 2014, Tindak Pidana Pemalsuan, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hartika, Ruri, Zain, 2010, Pembaca Identitas Kartu Barcode dengan Memanfaatkan Scanner Barcode Untuk Memasuki Ruangan Pustaka Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Borland Delphi 7.0, Jurnal STIKOM Dinamika Bangsa, Vol. 5, No. 1, Februari 2010.

Hasan, Fuad, 2015, Pemanfaatan QR Scanner Untuk Aplikasi Penampilan Data Koleksi Pamer di Museum Negeri Sonobudoyo Berbasis Android, Skripsi Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2003, Mencakup: Html Css Javascript & Php, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2009, Membuat Aplikasi Web dengan PHP dan Database MySql, Andi Offset, Yogyakarta.

Nugroho, Bumafit, 2005, Database Relasional dengan MySql, Andi, Yogyakarta.

Nurachmad, Much, 2012, Pedoman Mengurus Segala Macam Surat Perizinan & Dokumen Secara Legal Formal, Pustaka Yustisia, Yogyakarta.

Purbadi, Rahmat, 2013, Pelayanan Surat Izin Mengemudi di Kepolisian Resort Kota Pontiak, Jurnal S-1 Ilmu Administrasi Negara, Volume 2, Nomor 2, Agustus 2003.

Republik Indonesia, 2009, Undang-Undang R.I Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, Citra Umbara, Bandung.

Sasongko, Jati, 2006, Rancang Bangun Program Aplikasi Pencetak Kartu Mahasiswa, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Volume XI, No.1, Januari 2006.

Sutabri, Tata, 2012, Analisis Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Kepolisian Negara Republik Indonesia., 2016, https://www.polri.go.id/ Diakses Pada Tanggal 20 November 2016.

Downloads

Published

2018-03-29

How to Cite

Suryani, D., Yulianti, A., & Zulhelmi, M. (2018). Aplikasi Legalitas Surat Izin Mengemudi (SIM) Berbasis Mobile (Studi Kasus : Polisi Resort Rengat). IT Journal Research and Development, 2(2), 34–44. https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol2(2).1105

Issue

Section

Articles