Aplikasi Panduan Fitness Untuk Manula Menggunakan Teknologi Augmented Reality

Authors

  • Des Suryani Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Dedy Irfan Program Studi Pendidikan Teknologi Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Program Studi Pendidikan Teknologi Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Abdul Syukur Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Zulfajri Zulfajri Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5798

Keywords:

Augmented Reality, Fitness, Lansia, Library Kudan SDK, Markerless

Abstract

Fitness adalah kegiatan pembentukan otot-otot tubuh atau fisik yang dilakukan secara rutin dan berkala, yang bertujuan untuk menjaga fitalitas tubuh agar tetap bugar dan sehat. Lansia merupakan tahap akhir dalam kehidupan manusia ditandai dengan menurunnya kemampuan kerja tubuh akibat penurunan dan perubahan fungsi organ tubuh. Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai media panduan gerakan fitness untuk manula yang dapat membantu minat lansia untuk menjalankan olahraga kapanpun dan dimanapun agar dapat mengurangi resiko jatuh dan penurunan kekuatan otot serta terhindarnya dari penyakit yang berbahaya. Aplikasi ini menggunakan Library kudan SDK yang mampu menampilkan animasi 3D gerakan fitness manula dengan menggunakan teknik markerless tracking dalam bentuk augmented reality.  Hasil dari implementasi teknologi augmented reality yaitu aplikasi panduan fitness untuk manula yang dapat dijalankan pada smartphone dengan sistem operasi android. Setelah dilakukan pengujian dengan black box, fungsi-fungsi tombol pada aplikasi dapat berjalan dengan baik dan menampilkan hasil yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Aplikasi dapat menampilkan animasi 3D gerakan fitness manula dengan cepat pada siang hari dan malam hari, di dalam maupun di luar ruangan dengan syarat intensitas cahaya diatas 1 lux pada jarak minimal 10 cm dan maksimal jarak 60 cm dengan sudut diatas 10o hingga 90o. Pengujian kuesioner dengan jumlah 5 responden diperoleh hasil jawaban dengan total rata-rata persentase yaitu 87,2% kriteria sangat baik, maka aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk mempelajari gerakan fitness pada manula.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Z. Adami and C. Budihartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android,” Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 2, no. 1, pp. 122–131, 2016.

Z. S. Jamil, D. Irfan, and T. Sriwahyuni, “Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Fasilitas Kesehatan Kota Padang Berbasis Web Dengan Memanfaatkan Google Maps API,” J. Vokasional Tek. Elektron. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2015.

Y. Chen, Q. Wang, H. Chen, X. Song, H. Tang, and M. Tian, “An overview of augmented reality technology,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1237, no. 2, 2019.

R. Indarwati, M. Psik, and F. K. Unair, “Peningkatan Stabilitas Postural Pada Lansia Melalui Balance Exercise,” Nurse Media J. Nurs., vol. 1, no. 2, pp. 59–68, 2010.

L. Danang Sutawijaya and S. Riyadi, “Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020 MENJAGA KEBUGARAN JASMANI MELALUI AKTIVITAS FISIK DI FITNESS CENTER,” pp. 6–7, 2020.

D. Kurnianto, “Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut,” J. Olahraga Prestasi, vol. 11, no. 2, p. 115182, 2015.

B. H. A. P. I. Gst, I. G. M. Darmawiguna, and S. Kom, “PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS PENGENALAN DAN TEKNIK DASAR BOLA BASKET,” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 3, pp. 247–355,

A. Winatra, S. Sunardi, R. Khair, I. Idris, and A. Santosa, “Aplikasi Augmented Reality (Ar) Sebagai Media Edukasi Pengenalan Bentuk Dan Bagian Pesawat Berbasis Android,” J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, p. 212, 2019.

M. Mantasia and H. Jaya, “Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan Dan Penunjang Metode Pembelajaran Di Smk Untuk Implementasi Kurikulum 2013,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 6, no. 3, p. 281, 2016.

R. M. Yilmaz, “Educational magic toys developed with augmented reality technology for early childhood education,” Comput. Human Behav., vol. 54, pp. 240–248, 2016.

Downloads

Published

2021-01-04

How to Cite

Suryani, D., Irfan, D. ., Ambiyar, A., Syukur, A. ., & Zulfajri, Z. (2021). Aplikasi Panduan Fitness Untuk Manula Menggunakan Teknologi Augmented Reality . IT Journal Research and Development, 5(2), 204–214. https://doi.org/10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5798

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)