SPK Penyeleksian Calon Presiden Mahasiswa Universitas Islam Riau Menggunakan Metode Fuzzy - AHP

Authors

  • Des Suryani Fakultas Teknik Universitas Islam Riau
  • Mundayani Mundayani Fakultas Teknik Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2016.vol1(1).600

Abstract

Pemilihan raya mahasiswa adalah sebuah pesta demokrasi yang diadakan di kalangan mahasiswa yang merupakan awal dari pendidikan politik sejak dini bagi mahasiswa dan menjadi tempat mengaktualisasikan diri dan potensi yang dimiliki. Salah satu bentuk pemilihan raya mahasiswa adalah pemilihan calon presiden mahasiswa. Pemilihan calon presiden mahasiswa yang berlaku di Universitas Islam Riau saat ini masih dilakukan secara manual sehingga tidak efektif dan tidak efisien. Untuk memecahkan permasalahan tersebut dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan keputusan terbaik untuk penggunanya. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) bertujuan untuk menentukan calon presiden yang terpilih dalam proses penyeleksian berdasarkan tingkat kepentingan kriteria dan data nilai seleksi dari setiap kriteria yang telah ditetapkan. Sistem pendukung keputusan menggunakan metode fuzzy dan metode analytic hierarchy process. Metode fuzzy digunakan untuk menentukan nilai keanggotaan dari tiap-tiap nilai seleksi berdasarkan kriteria, dan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk mencari urutan prioritas dari berbagai alternative dalam proses pemecahan suatu permasalahan. Hasil perhitungan sistem pendukung keputusan ini berupa perangkingan calon presiden mahasiswa yang telah terpilih dalam proses penyeleksian. Proses perangkingan dimulai dari nilai tertinggi yang dimiliki oleh calon presiden mahasiswa dan jumlah yang terpilih menjadi kandidat presiden mahasiswa berdasarkan jumlah yang diinginkan pada periode tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Abdurrahman, Ginanjar., 2011, Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan, Skripsi, Program Studi Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
[2] Amborowati, Armadyah., Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan dengan Metode AHP Menggunakan Expert Choice, Jurnal, STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta.
[3] Ardhana, YM Kusuma., 2012, PHP Menyelesaikan Website 30 Juta, Jasakom, Purwokerto.
[4] Jasril, dkk., 2011, Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy AHP (F-AHP), Jurnal, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.
[5] Kadir, Abdul., 2009, Mastering Ajax dan PHP, Andi Offset, Yogyakarta.
[6] Kusumadewi, Sri.,dkk., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FuzzyMADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.
[7] Kusumadewi, Sri., Purnomo, Hari., 2010, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.
[8] Kusrini., 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi Offset, Yogyakarta.
[9] Mahya, Isna Ainul., 2008, Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Kualitas Produksi Ayam Petelur, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Malang.
[10] Mardhikawarih,D.A.,dkk., 2012, Pemilihan Pemasok Drum Pelumas Industri Menggunakan Fuzzy Analytical Hierarchy Process, Jurnal, Vol 11, No 1 : 67-74.
[11] Prayogo, Muhammad Nur., Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Menggunakan Algoritma Genetika Dengan Metode Fuzzy Logic Sebagai Inisialisasi Awal (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia), Jurnal, Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
[12] Sinaga, Johannes., 2009, Penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Pemilihan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sebagai Tempat Kerja Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), Skripsi, Departemen Matematika, Universitas Sumatera Utara, Medan.
[13] Sukmawan, Alfi Dwi., 2008, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Malang, Malang.
[14] Syaifullah., 2010, Pengenalan Analytical Hierarchy Process, Syaifullah08. Wordpress.Com, http://syaifullah08.files.wordpress.com/pengenalan-analytical-hierarchy- process.pdf (di akses 29 Oktober 2012).
[15] Widodo, Prabowo Pudjo., Handayanto, Rahmadya Trias., 2012, Penerapan Soft Computing Dengan Matlab, Rekayasa Sains, Bandung.
[16] Winiarti, Sri., Y uraida, Ulfah., 2009, Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pendirian Warnet Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Jurnal Informatika, Vol 3 : 2.

Downloads

Published

2017-08-19

How to Cite

Suryani, D., & Mundayani, M. (2017). SPK Penyeleksian Calon Presiden Mahasiswa Universitas Islam Riau Menggunakan Metode Fuzzy - AHP. IT Journal Research and Development, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.25299/itjrd.2016.vol1(1).600

Issue

Section

Articles