Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Materi Relasi dan Fungsi

Authors

  • Eka Pertiwi UIR
  • Endang Istikomah

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Penelitian Tindakan Kelas, Team Assisted Individualization

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya antusias siswa untuk bekerja sama dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model kooperatif tipe TAI dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII3 SMP Negeri 4 Dayun. Subjek dalam penelitian siswa kelas VIII3 SMP Negeri 4 Dayun yang berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis data deskriptif berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan lembar pengamatan setiap pertemuan mulai dari pertemuan pertama pada siklus I sampai ke pertemuan terakhir siklus II menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran. Berdasarkan tes hasil belajar, terdapat peningkatan dari skor dasar (4 siswa), UH I (8 siswa) dan UH II (10 siswa).Berdasarkan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang mencapai KKM pada skor dasar yaitu 20%, pada ulangan harian I yaitu 40%, dan pada ulangan harian II yaitu 50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII3 SMP Negeri 4 Dayun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)