Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

  • M. Yusuf Ahmad Universitas Islam Riau

Abstract

Pendidikan Agama Islam ialah sebagai upaya sadar dan terencana
dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati
hingga mengimani, bertaqwa dan, berakhlaq mulia dalam mengamalkan ajaran
agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Qur’an dan Hadist melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman.
Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik ialah untuk
mengembangkan kreatifitas berfikir peserta didik secara aktif dan sistematis
serta mendapat respon lisan dari peserta didik sehingga dapat menumbuhkan
minat belajar dan pengetahuan baru dalam proses pembelajaran dengan
menggunakan metode tanya jawab ini akan menarik perhatian peserta didik dan
suasana kelas menjadi aktif. Namun study pendahuluan yang penulis lakukan
pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kuansing guru telah menggunakan
metode tanya jawab namun peserta didik kurang merespon pertanyaan yang
diberikan oleh guru. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara metode
tanya jawab dengan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian korelasional,
populasi dan sampel 59 orang, teknik pengumpulan data dengan angket dan
dokumentasi, Perumusan Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang
telah penulis lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan
signifikan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata
pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Simpang Raya
Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuansing. Hal ini dibuktikan dengan nilai
signifikansi lebih kecil dari 0,05yaitu 0,000< 0,05, maka Ho ditolak dan tingkat
hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik sebesar 0,738.
Menurut interpretasi koefisien korelasi nilai 0,738 terletak pada interval 0,60-
0,799 dengan kriteria tingkat hubungan kuat.

References

Dairi, Rizal. 2014. Metodologi penelitian. Pekanbaru: UIR press.
DEPAG RI. 2009. Al-Qur’an dan terjemahannya. Bandung: Syigma Examedia Arkanleema.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.
Djaali. 2009. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Ibrahim dan Syaodih, Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Priyatno, Duwi. 2014. Pengolah data terpraktis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Rahmah. 2013. Psikologi umum. Pekanbaru. Ramayulis. 2013. Profesi & etika keguruan. Jakarta: Kalam mulia.
Riduwan dan Akdon. 2010. Rumus dan data dalam analisis statistika. Bandung: Alfabeta.
Riduwan dan Sunarto. 2011. Pengantar Statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, ekonomi,
komunikasi, dan bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soetomo. 1993. Dasar-dasar interaksi belajar mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiono. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung:ALFABETA.
Suhartono, Suparlan. 2009. Filsafat pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learrning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Tambak, Syahraini. 2014. 6 Metode Komunikatif PAI. Jakarta.
Tim Dosen. Pedoman Akademik Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau, Nomor 013, Tahun 2010, FAI
UIR.
Trianto. 2010. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana prenada media group.
Wiyani, Novan Ardy dan Barnawi. 2012. Ilmu pendidika islam. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Dewi Riana Sari dengan judul: Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Kecerdasan Emosional
Siswa pada Pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 3 Desa Pasir Emas, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, 2014.
Putri Angraini dengan judul: Minat Belajar Siswa pada Bidang Studi Arab Melayu di SMPN 3 Pekanbaru, 2014.
Published
2017-08-30
How to Cite
AHMAD, M. Yusuf. Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-THARIQAH, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 89-110, aug. 2017. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/650>. Date accessed: 26 sep. 2017.