Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru

  • Mawardi Ahmad Universitas Islam Riau

Abstract

Potensi akal merupakan salah satu hal yang sangat penting yang
harus dimiliki oleh setiap individu. Dengan memiliki potensi akal diharapkan
seseorang mampu belajar dengan kreatif. Potensi akal yang dimiliki oleh siswa
pada dasarnya untuk mengembangkan kreativitas belajar siswa termasuk
dalam mempelajari bidang studi pendidikan agama Islam. Tetapi berdasarkan
pengamatan penulis siswa SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru
masih terdapat gejala-gejala yaitu terdapat sebagaian peserta didik yang
kurang berani mengajukan pertanyaan, sebagaian peserta didik yang kurang
mampu memberi gagasan, sebagian peserta didik yang kurang memiliki rasa
ingin tahu, sebagian peserta didik kurang mampu memberikan alternatif
gagasan ketika ada persoalan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana hubungan potensi akal dengan kreativitas belajar siswa bidang
studi pendidikan agama Islam di SMK Kanada Sukura Indonesia (KANSAI)
Pekanbaru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan
potensi akal dengan kreativitas belajar Siswa bidang studi pendidikan agama
Islam di SMK Kanada Sukura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru. Jenis Penelitian
yang penulis lakukan adalah korelasi. Adapun teknik yang penulis gunakan
dalam pengumpulan data adalah angket yang disebarkan kepada 48 responden
yang merupakan siswa SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan,
maka diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan potensi akal dengan
kreativitas belajar Siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada
Sukura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis
korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi = 0,000 < 0,05, dan tingkat
hubungannya sebesar 0,908.

References

Al - Qur'an dan Terjemah. 1989.
Departemen Agama Republik
Indonesia. Jakarta: CV. Toha Putra
Semarang.
Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad.
2012. Psikologi Remaja. Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Ancok, Djamaludin dan Suroso, Fuad
Ansori. 2011. Psikologi Islam.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anshari, Hafi. 1996. KamusPsichologi.
Surabaya:UsahaNasional.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek. Jakarta: Reneka Cipta.
________________, 2013. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Reneka Cipta.
Aunurrahman. 2013. Belajar dan
Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Daryanto. 1994. Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI). Surabaya: Apollo.
Dairi, Rizal. 2010. Metodologi Penelitian.
Pekanbaru: UIR Pres.
Dirman dan Juarsih, Cicih. 2014.
Pengembangan Potensi Peserta
Didik. PT. Rineka Cipta.
E. de Bono. 2008. Metode Mencetuskan
Ide –Ide Cerdas, Orisinal dan
Kreatif. Jogjakarta: Tink.
Hamid, Muhammad. 2004. Pedoman
Diagnostik Potensi Peserta Didik.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu
Pendidikan, Cet ke-4. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada.
________, 2012. Dasar-dasar Ilmu
Pendidikan. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada.
Hurlok, Elizabet B., 2002.
Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta:
Erlangga.
Munandar, Utami. 2007. Pengembangan
Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
_____________, 1992. Pengembangan
Kreativitas Anak Berbakat.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
_____________, 1999. Pengembangan
Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Munawwir , Ahmad Warson. tt. Qamus
‘Araby-Indonesia. Yogyakarta:Krapyak.
Nasution, Harun. 1982. Teori Islam
(Aliran-aliran Sejarah Analisa
Perbandingan). Jakarta: UI Press.
Priyatno, Duwi. 2014. Pengolahan Data
terpraktis. Yogyakarta: CVAndi Offset.
Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi
Pendidikan. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Rachmawati, Yeni dan Kurniati, Euis.
2011. Strategi Pengembangan
Kreativitas Pada Anak Usia Taman
Kanak –kanak. Jakarta: PT Fajar
Interpratama Offset.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-
Faktor Yang Mempengaruhinya
,cet.ke-4.,Jakarta, Rineka Cipta.
Sardiman, A.M., 2014. Intraksi Dan
Motivasi Belajar Mengajar.
Jakarta: CV. Rajawali.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian
Administrasi. Bandung: Alfa Beta.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
SKRIPSI:
Herlina, Skripsi, Pengaruh Konsep diri
Terhadap Akhlak Siswa/i di SMP 4
Siak Hulu Kabupaten Kampar,
Universitas Islam Riau, Pekanbaru:
2013.
Sudaryani, Skripsi, Hubungan
Kecerdasan Emosiaonal Dengan
Prestasi Belajar siswa mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam
SMA YLPI, Universitas Islam Riau,
Pekanabaru: 2012.
Jurnita, Hubungan Kecerdasan
Emosiaonal Denganakhlak Terpuji
siswa madrasah Aliyah Swasta
(MAS) Masmur Pekanbaru,
Universitas Islam Riau: 2013
TESIS
Kadar Bin Muhammd Yusuf, Dimensi
Rohani dan Penganruhnya
Terhadap Perilaku Manusia
Menurut Ibn Sina Dan Al-Ghazali
Suatu Kajian Analisis Menurut
Perspektif Al-Qur’an, UKM: 2015.
Wismanto, Persepektif Muhammada
Iqbal Tentang Potensi Sumber
Daya Manusia Dan
Pengembangannya Dalam
Pendidikan Menuju Masyarakat
Muslim Ideal, UIN SUSKA: 2015.
Published
2017-08-29
How to Cite
AHMAD, Mawardi. Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru. AL-THARIQAH, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 51-72, aug. 2017. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/647>. Date accessed: 23 nov. 2017.