Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru

  • H.M. Ali Noer Universitas Islam Riau

Abstract

Agama juga memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan
sikap dan perilaku seseorang. Sikap dan perilaku seseorang dapat dilihat dari
cara seseorang tersebut menjalani kehidupannya sehari-hari. Rendahnya sikap
keagamaan siswa di sekolah dikarenakan banyaknya budaya asing yang
berpengaruh buruk terhadap perkembangan sikap keagamaan siswa. Salah
satu contohnya adalah siswa sering berbohong kepada guru, tidak mengerjakan
tugas, dan berkata yang tidak sopan. Banyaknya penyimpangan sikap
keagamaan yang dilakukan oleh siswa pada umumnya yang tidak sesuai dengan
norma agama akhir-akhir ini mendorong berbagai pihak mempertanyakan
efektivitas pelaksanaan PAI di sekolah. Realitas sikap keberagamaan siswa di
SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru mengalami kemunduran, ini dapat terlihat dari
sikap siswa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama. Bentuk usaha yang
dilakukan sekolah dalam meningkatkan sikap keberagamaan siswa adalah
dengan memberikan wadah Kerohanian Islam (ROHIS). Dari gejala tersebut
penulis merumuskan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana Upaya
Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Sikap
Keberagamaan Siswa Di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru? Untuk memperoleh
data dari penelitian ini, maka digunakan teknik pengumpulan data berupa
angket yang disebarkan kepada siswa sebanyak 30 sampel, dan teknik analisis
data yang digunakan ini bersifat deskriptif. Setelah dilaksanakan penelitian dan
data yang terkumpul di olah dan di analisis maka diperoleh hasil persentase
sebesar 82,25 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya
Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Sikap
Keberagamaan Siswa Di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru mengalami
peningkatan dengan taraf tinggi.

References

Adz-Dzaky, Handani Bajtan. 2002.
Konseling dan Psikoterapi Islam.
Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan
Agama Islam; Upaya Pembentukan
Pemikiran dan Kepribadian
Muslim. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan
dan Aplikasi Pendidikan Karakter.
Bandung: YramaWidya.
Ardy Wiyani, Novan. 2012. Ilmu
pendidikan Islam. Yogyakarta: Arruzz
Media.
Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur
Penelitian (Suatu Pendekatan
Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 1995. Sikap Manusia
Teori dan Pengukurannya.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. 2011. Penelitian
Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Dairi, Rizal. 2010. Metodologi Penelitian.
Pekanbaru: UIR Press.
Darajat, Zakiyah. 1994. Remaja,
Harapan dan Tantangan. Jakarta:
CV Ruhma.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian
Kualitatif Analisis Data. Jakarta:
Rajawali Pers.
Fidianti, Afdiah. 2009. Peran Kegiatan
“Sie Kerohanian Islam (Rohis)
Dalam Upaya Meningkatkan
Perilaku Keberagamaan Siswa
SMA Negeri I Sidoarjo. Skripsi.
Malang: UIN Maulana Malik
Ibrahim Malang, Malang.
Hanafi. 2014. Dasar-dasar Psikologo
Agama. Pekanbaru: Lembaga
Penelitian dan Pengabdian Kepada
Masyarakat Universitas Islam
Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
https://id.wikipedia.org/wiki/Rohani_I
slam#Kegiatan. Diakses 5 April
2016. Pukul 11.37 WIB.
Jalaluddin. 2008. Psikologi Agama
(Memahami Perilaku Keagamaan
Dengan Mengaplikasikan Prinsip-
Prinsip Psikologi). Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Muhaimin. 2009. Perkembangan
Kurikulum Pendidikan Agama
Islam di Sekolah, Madrasah dan
Perguruan Tinggi. Jakarta: PT.Raja
Grafindo.
Muhammad, Abubakar. 2004.
Pembinaan Manusia Dalam Islam.
Surabaya: Al Ikhlas.
Muri Yusuf, Metodologi Penelitian, UNP
Press ,Padang, 2005.
Mushbihah Rodliyatun, Peranan
Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler
Rohani Islam (rohis) Dalam
Meningkatkan Sikap
Keberagamaan Siswa Di SMK
Salatiga. Salatiga : Program
Pascasarjana Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri Salatiga,
2013.
Novian, Peranan Peranan Rohani Islam
Sekolah (Rohis) Dalam Pembinaan
Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah
Atas Negeri 2 Tebing Tinggi
Kabupaten Kepulauan Meranti,
Universitas Islam Riau,
Pekanbaru, 2013.
Purwanto, Ngalim. 1992. Prinsip –
Prinsip dan teknik Evaluasi
Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Riduwan dan Sunarto. 2011. Pengantar
Statistik untuk Penelitian
Pendidikan, Sosial, Ekonomi,
Komunikasi, dan Bisnis. Bamdung:
Alfabeta.
Siregar, Syofian. 2013. Metode
penelitian kuantitatif. Jakarta:
Kencana.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-
Faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Subandi. 2013. Psikologi Agama dan
Kesehatan Mental. Pustaka Pelajar.
Published
2017-08-29
How to Cite
NOER, H.M. Ali. Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. AL-THARIQAH, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 21-38, aug. 2017. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/645>. Date accessed: 26 sep. 2017.