Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru

Authors

  • H.M. Ali Noer Universitas Islam Riau
  • Syahraini Tambak Universitas Islam Riau
  • Harun Rahman Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645

Keywords:

Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (Rohis), Sikap Keberagaman

Abstract

Agama juga memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan sikap dan perilaku seseorang. Sikap dan perilaku seseorang dapat dilihat dari cara seseorang tersebut menjalani kehidupannya sehari-hari. Rendahnya sikap keagamaan siswa di sekolah dikarenakan banyaknya budaya asing yang berpengaruh buruk terhadap perkembangan sikap keagamaan siswa. Salah satu contohnya adalah siswa sering berbohong kepada guru, tidak mengerjakan tugas, dan berkata yang tidak sopan. Banyaknya penyimpangan sikap keagamaan yang dilakukan oleh siswa pada umumnya yang tidak sesuai dengan norma agama akhir-akhir ini mendorong berbagai pihak mempertanyakan efektivitas pelaksanaan PAI di sekolah. Realitas sikap keberagamaan siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru mengalami kemunduran, ini dapat terlihat dari sikap siswa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama. Bentuk usaha yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan sikap keberagamaan siswa adalah dengan memberikan wadah Kerohanian Islam (ROHIS). Dari gejala tersebut penulis merumuskan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa Di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru? Untuk memperoleh data dari penelitian ini, maka digunakan teknik pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada siswa sebanyak 30 sampel, dan teknik analisis data yang digunakan ini bersifat deskriptif. Setelah dilaksanakan penelitian dan data yang terkumpul di olah dan di analisis maka diperoleh hasil persentase sebesar 82,25 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa Di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru mengalami peningkatan dengan taraf tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adz-Dzaky, Handani Bajtan. 2002. Konseling dan Psikoterapi Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam; Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian
Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: YramaWidya. Ardy Wiyani, Novan. 2012. Ilmu pendidikan Islam. Yogyakarta: Arruzz Media.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 1995. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Dairi, Rizal. 2010. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: UIR Press.

Darajat, Zakiyah. 1994. Remaja, Harapan dan Tantangan. Jakarta: CV Ruhma.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Fidianti, Afdiah. 2009. Peran Kegiatan “Sie Kerohanian Islam (Rohis) Dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Siswa SMA Negeri I Sidoarjo. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

Hanafi. 2014. Dasar-dasar Psikologo Agama. Pekanbaru: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada
Masyarakat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

https://id.wikipedia.org/wiki/Rohani_I slam#Kegiatan. Diakses 5 April 2016. Pukul 11.37 WIB.

Jalaluddin. 2008. Psikologi Agama (Memahami Perilaku Keagamaan Dengan Mengaplikasikan Prinsip-
Prinsip Psikologi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. 2009. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Muhammad, Abubakar. 2004. Pembinaan Manusia Dalam Islam. Surabaya: Al Ikhlas.
Muri Yusuf, Metodologi Penelitian, UNP Press ,Padang, 2005.

Mushbihah Rodliyatun, Peranan Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (rohis) Dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa Di SMK Salatiga. Salatiga : Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga, 2013.

Novian, Peranan Peranan Rohani Islam Sekolah (Rohis) Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah
Atas Negeri 2 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, 2013.

Purwanto, Ngalim. 1992. Prinsip-Prinsip dan teknik Evaluasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan dan Sunarto. 2011. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bamdung: Alfabeta.

Siregar, Syofian. 2013. Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Subandi. 2013. Psikologi Agama dan Kesehatan Mental. Pustaka Pelajar.

Published

29-08-2017

How to Cite

Noer, H. A., Tambak, S., & Rahman, H. (2017). Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 21–38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645