Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An- Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan

Authors

  • Haeruddin Haeruddin Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Indonesia
  • Bahaking Rama Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Indonesia
  • Wahyuddin Naro Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).3203

Abstract

Penelitian ini menyajikan masalah tentang pendidikan karakter di Pondok Pesantren An-Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu untuk mengungkap fakta, data, dan fenomena yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An-Nurîyah Bonto Cini’ dapat diimplementasikan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan aktifitas religius, 2) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai pada proses pembelajaran. Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter yaitu faktor internal dan eksternal yang tidak kondusif, 3) Gambaran karakter santri yaitu tidak ada santri yang melanggar secara signifikan. Kesimpulan yaitu, bahwa proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan nilai religius, sangat efektif dan efesien kepada seluruh elemen yang ada di pondok pesantren, sehingga pendidikan karakter nampak pada diri santri. Dengan demikian perlu dimaksimalkan lagi implementasi pendidikan karakter kepada seluruh elemen yang ada di pondok pesantren agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter, berintegritas, dan tetap unggul.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nilai Relegius, Pesantren

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Moh. dan Sutirman. “"Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peserta Didik di SMK Negeri 1 Wonosari." Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1 5.3 (2016): 249-259.

Bawani, Imam. Tradisionalisme dalam Tradisi Islam, Surabaya: al-Ikhlas, 2009.

Damopolii, Muljono. Pembaruan Pendidikan Islam di Makassar (Studi Kasus Pesantren Modern Pendidikan Al-Qur’ân IMMIM Tamalanrea Makassar), Disertasi, Jakarta: Program Pascasarjana UIN Syarif Hidâyatullah, 2011.

Hurairah. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat dan Strategi Pembangunan yang Berbasis Kerakyatan, Bandung: Humaniara, 2009.

Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka, 2014.

Kementerian Agama RI. Mushâf al-Qur’ân Terjemah, Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2014.

Khan, Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.

Marzuki. Pendidikan Karakter Islam, Cet. II; Jakarta: Paragonatama Jaya, 2015.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Nahrawi, Amiruddin. Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Yogyakarta: Gama Media, 2010.

Nasir, Haedar. Pendidikan Karakter, Berbasis Agama dan Budâya, Yogyakarta: Multi Presindo, 2013.

Nasution, S. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Rama, Bahaking. Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Jakarta: PT. Paradotama Wirangemilang, 2010.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Setiawati, Nanda Ayu. Pendidikan Karakter, Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa: Prosiding Seminar Nasional Tahunan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2017.

Shihab, M. Quraish. Mahkota Tuntunan Ilâhi, Tafsîr al-Misbah, Vol. I. Cet. II; Jakarta: Lentera Hati, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, dan Kuantitatif, R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Suharto, Babun. Dari Pesantren Untuk Umat: Reiventing Eksistensi Pesantren, di Era Globalisasi, Edisi: Pertama. Surabaya: Imtiyaz, 2011.

Sukmadinata, Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Sunarto dan Agung Hartanto. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Sutrisno. “Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Modern Muhammadîyah Boarding School (MBS) Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2017.

Tanshzil, Sri Wahyuni. “Model Pembinaan Pendidikan Karakter pada Lingkungan Pondok Pesantren dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Santri: Sebuah Kajian Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Penelitian Pendidikan, 2012.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Yasmadi. Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, Cet. II; Jakarta: Ciputat Press, 2009.

Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter: Landasan Pilar dan Implementasi, Cet. I; Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2014.

Published

09-07-2019

How to Cite

Haeruddin, H., Rama, B., & Naro, W. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An- Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 60–73. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).3203