Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone

  • Irfan Paizal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Arifuddin Siraj Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menyajikan bagaimana hubungan gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan realitas gaya kepemimpinan kepala madrasah; 2) mendeskripsikan realitas kinerja guru; dan 3) menguji korelasi antara gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru di Madrasah Aliyahi Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Instrumen yang digunakan adalah angket, kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) gaya kepemimpinan kepala madrasah berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 82,25%; 2) kinerja guru berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 84,21%; dan 3) korelasi antara gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru menunjukkan korelasi positifi yang berada pada tingkat hubungan rendah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,292.


Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Madrasah dan Kinerja Guru

References

Baharuddin, dan Umiarso. Kepemimpinan Pendidikan Islam: Teori dan Praktik. Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzuzz Media, 2012.

Gusman, Hagi Eka. "Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam." Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2.1 (2014): 293-301.

Hasanah, Aan. Pengembangan Profesi Guru. Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Irianto, Agus. Statistik; Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya . Cet. VII; Jakarta: Kencana, 2010.

Karweti, Engkay. "Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja terhadap kinerja guru SLB di Kabupaten Subang." Jurnal Penelitian Pendidikan 11.2 (2010): 77-89.

Kementerian Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahnya. Cet. X; Bandung: Mikraj Khazanah Ilmu, 2014.

Mania, Sitti. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Manik, Ester, and Kamal Bustomi. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 3 Rancaekek." Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 5.2 (2011): 97-107.

Masaong, Abdul Kadimdan Arfan A. Tilome. Kepemimpinan Berbasis Multiple Interlligence: Strategi Kecerdasan Intelektual, Emosionaldan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang. Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2011.

Mavianti. ”Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Atasan-Bawahan dan Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Sari Medan.” Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10.1 (2018): 93-116.

Mudlofir, Ali. PendidikanProfesional: Konsep, Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikandi di Indonesia. Cet. III; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.

Mulyasa, E.. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Cet. XV; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Ruliana, Poppy. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Cet. II; Jakarta: RajaGrafindo Pers, 2016.

Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Cet. IV; Bandung: Alfabeta, 2008.

Setiyati, Sri. "Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru." Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22.2 (2014): 200-206.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Cet.V; Jakarta: LenteraHati, 2009.

Siswanto, B. Pengantar Manajemen Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. XXI; Bandung: Alfabeta, 2016.

Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan. Cet. XII; Jakarta: BumiAksara, 2013.

Supardi. Kinerja Guru. Cet. III; Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Supardi. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Susanto, Ahmad. Manajemen Peningkatan Kinerga Guru: Kosep, Strategi, dan Implementasi, Jakarta: Kencana, 2016.

Teryy, George R.. Principles of Management, Terj. G.A. Ticoalu, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. II; Batusangkar: Amzah, 2011.

Wahab, Abdul Azis. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Cet. II; Alfabeta: Bandung, 2011.

Widyatono, Herry. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Yulk, Gary. Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Ketujuh Seri Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks, 2015.

Zainal, Veithzal Rivai dan Arviyan Arifin. Islamic Leadership: Membangun SuperLeadership Melalui Kecerdasan Spiritual. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Zainal, Veithzal Rivai, dkk. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisi Keempat. Cet. XII: Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
Published
2019-04-27
How to Cite
PAIZAL, Irfan; SIRAJ, Arifuddin; MANIA, Sitti. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21-37, apr. 2019. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/3003>. Date accessed: 19 july 2019. doi: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).3003.