Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”

  • Syahraini Tambak Universitas Islam Riau, Indonesia

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengeksplore nilai-nilai pendidikan etika berlaku adil orangtua dengan anak dalam pergaulan keluarga berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, bersumber dari Nu’man bin Basyir. Hadits tentang “berlaku adillah terhadap anak-anakmu,” yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dinilai sebagai hadits yang berkualitas shahih berdsasarkan penelitian Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Baniy. Terdapat empat nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam hadits ini yaitu; Pendidikan kesetaraan, di mana menerapkan sikap berlaku adil orangtua dalam bersosialisasi di keluarga membuat anak merasa dihargai dan mendapat perhatian.  Pendidikan kasih sayang, di mana orangtua tidak memihak, dan tidak membeda-bedakan diantara anak, mendorong munculnya kasih sayang. Pendidikan demokrasi, dengan hubungan orangtua pada anak dalam suasana keadilan akan berkembang sikap menghargai. Pendidikan kerukunan, dengan perilaku adil orangtua dalam interaksi dengan anak-anaknya berkontribusi bagi terciptanya kerukunan antara anak. Tulisan ini bermanfaat mengkonstruksi pendidikan etika bergaul dengan prinsip keadilan dalam keluarga. Bagi para orangtua diharapkan dapat menerapkan hadits ini sebagai pedoman dalam membangun keluarga.


Kata Kunci: Etika Bergaul, Berlaku Adil, Keluarga, Orangtua

References

Abu Dawud, Sulaiman ibn al-Asy’asy ibn Ishaq ibn Basyir ibn Syadad ibn ‘Amr ibn Imran al-Azadiy al-Sijastani. Sunan Abi Dawud, Juz II, Semarang: Maktabah wa Mathba’ah Toha Putra, 2003.

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2.1 (2017): 89-110.

Ahyar, Muzayyin. "Islamic Clicktivism: Internet, Democracy and Contemporary Islamist Activism in Surakarta." Studia Islamika, 24.3 (2017): 435-468.

Al-A’zhami, Muhammad Musthafa. Hadits Nabi dan Sejarah Kodifikasinya, terj. Oleh Meth Kiereha, Jakarta: Lintera, 1995.

Al-Afriqi, Muhammad ibn Mukrim ibn Manzhur. Lisan al-‘Arab, Juz. III, Beirut: Dar al-Sadir, tt.

Al-Ahdali, Muhammad Maqbuli. Mushthalah al-Hadits wa Rijaluhu, Beirut: Muassat al-Rayyan, 1990.

Al-Andalusi, Abu al-Walid Sulaiman ibn Khalaf al-Baji. al-Muntaqa Syarh al-Muwatta’, Juz, V, Beirut: Dar al-Fikr, tt.

Al-Askari, Abu Hilal. Mu’jam al-Furuq al-Lugawiyah, Damaskus: Muassasah al-Nasyr al-Islamiy, 2000.

Al-Baihaqi, Abu Bakr Ahmad ibn al-Husain ibn ‘Ali ibn Musa. Sunan al-Baihaqi al-Kubra, Juz VI, Makkah al-Mukarramah: Maktabah Dar al-Baz, 1414 H./1994 M.

Al-Baniy, Syaikh Muhammad Nashiruddin. Shahih wa Dha’if Sunan Abi Dawud, Juz II, Kairo: Maktabah Dar al-Salam, 2007.

Al-Jurjani, Ali ibn Muhammad ibn ‘Ali. al-Ta’rifat, Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabi, 1405 H.

Al-Khatib, Muhammad Ajjaj. Ushul al-Haditst ‘Ulumah wa Mushthalahuh, Beirut: Dar al-Fikr, 1989.

Al-Manawi, Muhammad ‘Abd al-Rauf. al-Tauqif ‘ala Muhimmat al-Ta’arif, Beirut: Dar al-Fikr, 1410 H.

Al-Mizziy, Jamal al-Din Abu Yusuf. Tahzib al-Kamal Fiy Asma’ al-Rijal, Juz XXVIII, Beirut: Dar al-Fikr, tt.

Al-Mubarakfuri, Abu al-‘Ala Muhammad ‘Abd al-Rahman ibn ‘Abd al-Rahim. Tuhfah al-Ahwadzi Syarh al-Jami’ al-Turmudzi, Juz IV, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiah, tt.

Al-Munawwar, Said Agil Husin; Tambak, Syahraini; & Kalsum, Ummi. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Al-Nablisi, Syaikh Abd al-Ghani. Tahqiqul Qadhiyah fiy al-Farqi Baina al-Risywah wa al-Hadiyah, Kairo: Maktabah al-Zahra’, 2002.

al-Nawawi, Imam. Raudhah al-Thalibin wa Umdat al-Salikin, Juz I, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiah, 1421 H./2000 M.

Al-Raziy, Fakhr. al-Jarh wa al-Ta’dil, Juz III, Beirut: Libanon, tt.

Al-Sabiq, Sayyid. Fiqh al-Sunnah, Juz III, Beirut: Dar al-Kitab al-Arabi, tt.

Al-Tirmizi, Muhammad Mahfuzh bin Abdullah. Manhaj Dzawiy al-Nazhar, terj. Ahmad bin Sa`ad bin Nabhan, Surabaya: Pustaka Nasional, 1994.

Al-Zuhailiy, Wahbah. al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, Juz V, Suriah: Dar al-Fikr al-Mu’ashiir, 1418 H./1997 M.

Amril, M. Etika dan Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media dan LSFK2P Pekanbaru, 2005.

Azra, Azyumardi, et. al. Ensiklopedi Islam Jilid 4, Nina M. Armando, et. al., (ed.), Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 2005.

Azra, Azyumardi, et. al.. Ensiklopedi Islam Jilid I, Nina Armando, et. al., Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 2005.

Baharun, Hasan, Mohammad Bahrul Ulum, and Ainun Najib Azhari. "Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Ngejot: Konsep Edukasi dalam Membangun Keharmonisan dan Kerukunan Antarumat Beragama Berbasis Kearifan Lokal." Fenomena: Jurnal Penelitian, 10.1 (2018): 1-26.

Harmakaputra, Hans Abdiel. "Islamism and Post-Islamism:“Non-Muslim” in Socio-Political Discourse of Pakistan, the United States, and Indonesia." Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies, 53.1 (2015): 179-204.

Hasan, M. Ali. Pedoman Hidup Berumah Tangga Dalam Islam, Jakarta: Penerbit Siraja, 2003.

Hatmanto, Soenarto. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Surabaya: Bina Ilmu, 1986.

Ibn Zakariya, Abu al-Husain Ahmad ibn Faris. Maqayis al-Luhgah, Juz III, Beirut: Ittihad al-Kitab al-‘Arab, 1423 H./2002 M.

Ibnu Hajar al-Asqalaniy, Syihab al-Din Ahmad ibn Ali. al-Ishabah fiy Tamyiz al-Shahabah, Juz VI, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, tt.

Ibnu Hajar al-Asqalaniy, Syihab al-Din Ahmad ibn Ali. Tahzib al-Tahzib, Juz X, Beirut: Dar al-Fikr, 2008.

Ibnu Hamzah al-Husaini al-Hanafi al-Dimasyqi. al-Bayan wa al-Ta’rif fiy Asbab Wurud al-Hadits al-Syarif, (Asbabul Wurud Latar Belakang Historis Timbulnya Hadits-hadits Rasul), terj. M. Suwarta Wijaya dan Zafrullah Salim, Juz. I, Jakarta: Kalam Mulia, 2006.

Imam Ahmad, Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal. Musnad Imam Ahmad Ibn Hanbal, Jilid II, Beirut: Dar al-Fikr, tt.

Imam al-Bukhari, Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Isma’il al-Bukhari. Shahih al-Bukhari, Juz IX, Semarang: Maktabah wa Mathba’ah Toha Putra, 2003.

Imam al-Nasa’iy, Ahmad bin Syu’aib bin ‘Ali bin Bahr bin Dinar Abu Abd al-Rahman. Sunan al-Nasa’iy, Juz IV, Semarang: Maktabah wa Mathba’ah Toha Putra, 2003.

Imam Muslim, Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi al-Naisaburiy. al-Jami’ al-Shahih (Shahih Muslim), Juz V, Semarang: Maktabah wa Mathba’ah Toha Putra, 2003.

Irawan, Bambang. "Tafsir Ayat-ayat Kasih Sayang dalam Masyarakat Plural." Jurnal Theologia, 23.1 (2017): 75-88.

Lubis, Dahlia. "Persepsi Mubaligh dan Mubalighah terhadap Kesetaraan dan Keadilan Gender di Kota Medan." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 40.1 (2016). 1-24.

Muhmidayeli. Filsafat Pendidikan Islam, Sabda Ali Mifka (ed.), Bandung: Refika Aditama, 2011.

Mukodi. Bilik-Bilik Demokrasi dalam Pendidikan, Shahih: Journal of Islamicate Multidiciplinary, 2.2 (2016). 113-123.

Musmualim, Musmualim, and Muhammad Miftah. "Pendidikan Islam Di Keluarga Dalam Perspektif Demokrasi (Studi Pemikiran Hasan Langgulung dan Abdurrahman an Nahlawi)." Jurnal Penelitian, 10.2 (2016). 345-398.

Musthafa, Ibrahim, et. Al. al-Mu’jam al-Wasith, Juz I, Kairo: Maktabah Dar al-Salam, 2007.

Octavia, Lanny. Islamism And Democracy: A Gender Analysis on PKS’s Application of Democratic Principles and Values, al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 50.1 (2012). 1-22.

Qaimi, Ali. Menggapai Langit Masa Depan Anak, Muhammad Jawad Bafaqih (terj.), Bogor: Cahaya, 2002.

Rahman, Mufiqur. Demokrasi dalam Filsafat Pendidikan Barat dan Islam (Kajian tentang Nilai-Nilai Demokrasi dan Implementasinya dalam Konteks Pendidikan Indonesia), Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 3.2 (2018). 138-151.

Rahmatullah, Azam Syukur. Konsepsi Pendidikan Kasih Sayang dan Kontribusinya terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam, Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5.1 (2017). 29-52.

Saputra, Rangga Eka. Islam, Demokrasi, dan Instutisi Politik Indonesia, Turki, dan Dunia Islam, Studia Islamika: Indonesian Journal for Islamic Studies, 4.1 (2017). 185-204.

Shidiq, Ngarifin. Transformasi Pendidikan Demokrasi, al-Qalam: Jurnal Kependidikan, 8.2 (2015). 32-48.

Sulaiman, M.I. Pendidikan dalam Keluarga, Bandung: Mizan, 1994.

Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

Tambak, Syahraini. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan: GAgasan dan Pemikiran dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas untuk Kemajuan Bangsa, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Tambak, Syahraini. Pendidikan Komunikasi Islami: Pemberdayaan Keluarga Membentuk Kepribadian Anak, Jakarta: Kalam Mulia, 2013.

Tambak, Syahraini; Amril M; Khairi, Zuriatul; Sukenti, Desi. Development of Madrasah Teacher Professionalsm by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspektif. Proceeding of the International Conference on Islamic Education (ICIE 2018), Advance in Social Science, Education and Humanities Research, Atlantis Press, 2018.

Tim Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988.

Ubaedillah, A. & Abdul Rozak, (peny.). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Educatioan); demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat MAdani, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2008.

Wensinck, AJ. Mu’jam al-Mufakhrasy li Alfazh al-Hadits al-Nabawiy, Jilid II, Mohd. Fu’ad Abd. al-Baqi’ (ed.), Kairo: Maktabah Dar al-Salam, 2008.

Yahya Athif, Muhammad bin. Huququl Abna’ ‘alal Aba’, Riyadh: Dar al-Qasim, 2004.
Published
2019-04-13
How to Cite
TAMBAK, Syahraini. Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-20, apr. 2019. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/2910>. Date accessed: 21 july 2019. doi: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2910.