Nasionalisme Organisasi Mahasiswa Islam dalam Menangkal Radikalisme di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta

  • Abdulloh Hadziq Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Indonesia

Abstract

Persoalan yang cukup krusial di berbagai kampus adalah merebaknya paham-paham radikal yang mulai menyasar mahasiswa di kampus. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dan strategi organisasi Islam kampus dalam membendung arus paham radikal di kalangan mahasiswa IAIN Surakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomologi. Sasaran penelitian yang dipilih adalah organisai mahasiswa Islam kampus seperti PMII, HMI, IMM, dan KAMMI. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan FGD. Adapun Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data fenomenologi, yang digunakan Moustakas. Hasil penelitian ini menyatakan bahwasanya peran dan strategi organisasi mahasiswa Islam kampus yang dilakukan dalam menangkal radikalisme adalah : Pertama, Kurikulum Kaderisasi Responsif Radikalisme dengan cara memasukkan materi tentang nilai-nilai ke-Indonesiaan dan kebangsaan, mentradisikan dialog dalam setiap kegiatan. Kedua, Internalisasi nilai-nilai Islam ramah dengan cara mengkampanyekan moderasi Islam, memaksimalkan peran figure organisasi sebagai tauladan baik figure senior dalam kampus atau diluar kampus. Ketiga, Kemitraan dengan Perguruan Tinggi, berafiliasi dengan kegiatan organisasi intra yang ada di dalam kampus.


Kata Kunci: Nasionalisme, Organisasi Mahasiswa Islam, Radikalisme

References

Al-Qurtuby, Sumanto. Jihad Melawan Ekstremis Agama, Semarang: Borobudur Indonesia Publishing. 2009.

Bisma, Ginanjar Gesang Bayu. "Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus Islam di Universitas Airlangga (Pandangan Tentang Wacana Prospek Demokrasi dan Relasi Negara Agama)." Jurnal Politik Muda 6.2 (2017): 94-100.

Buchor, Muchtar. “Radikalisme Agama; Sebuah Catatan Awal.” Jurnal Pesantren, 4,3 (1986).

Depdiknas RI, Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008.

Fadjar, Abdullah dkk., Laporan Penelitian Islam Kampus, Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas, 2007.

Haryono, M. Yudhie. Memaafkan Islam, Jakarta: Kalam Nusantara. 2006.

Junanto, Subar. Civic Education, Surakarta: Fataba Press, 2013.

Kartodirdjo, Sartono. Ratu Adil, Jakarta: Sinar Harapan. 1985.

Madjid, Nurcholish. “Metodologi dan orientasi Studi Islam Masa Depan.” Jauhar; Jurnal Pemikiran Islam Kontemporer 1.1 (2000): 20-23.

Masykur, Ali. Nasionalisme di Persimpangan pergumulan NU dan Paham Kebangsaan Indonesia, Jakarta: Erlangga, 2011.

Saifuddin. “Radikalisme di Kalangan Mahasiswa, Sebuah Metamorfosa Baru.” Analisis Jurnal Studi KeIslaman XI.1 (2011).

Shihab, M. Quraish. Tafsir al Misbah, Jakarta: Lentera Hati, 2012.
Published
2019-07-05
How to Cite
HADZIQ, Abdulloh. Nasionalisme Organisasi Mahasiswa Islam dalam Menangkal Radikalisme di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 50-59, july 2019. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/2791>. Date accessed: 19 july 2019. doi: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2791.