Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru

  • Devi Arisanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mhd. Subhan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media internet terhadap minat belajar siswa muslim di kota Pekanbaru. Media internet memiliki peranan penting untuk minat belajar bagi kalangan siswa. Populasi penelitian ini merupakan siswa muslim di kota Pekanbaru. Teknik persampelan penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang terdiri 350 sampel. Alat pengumpulan data menggunakan dua instrumen yaitu instrument pengaruh media internet dan minat belajar siswa. Uji coba reliabilitas instrument telah dilakukan yaitu pengaruh media internet secara keseluruhan Alpha Cronbach .86, instrument minat belajar siswa dengan nilai alpha cronbach .83. Analisis data menggunakan Software SPSS Version 22.0. Hasil Penelitian menunjukkan pada deskriptif pengaruh media internet secara keseluruhan, berada pada tahap tinggi. Namun sama juga dengan deskriptif minat belajar siswa berada pada tahap tinggi. Selain itu, analisis pada inferensi dengan analisis regresi didapati hasil penelitian yang memberi pengaruh signifikan pengaruh media internet terhadap minat belajar dikalangan siswa yaitu 84.6%. Dengan demikian dapat disimpulkan faktor pengaruh media internet sangat memberi pengaruh terhadap minat belajar siswa SMP Kota Pekanbaru. Oleh itu, sekolah perlu membuat program orientasi dan pemahaman untuk memberikan kepada siswa kepahaman dalam  menggunakan media internet dengan hal yang positif.

References

Arif, Fulchan. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajara, Jakarta: Grafindo Persada, 2009.

Asnawirdan, M. Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Bimo, Walgito. Pengantar Pisikologi Umum, Jogyakarta: Andi Offset, 2004.

Davis, J.A. Elementary Survey Analysis. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, 1971.

Drajat, Zakiah. Metodik Khusus Penagajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Hamzah, B. Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2006.

Hendri, Pondia. Teknologi Informasi Dan komonikasi, Jakarta: Erlangga, 2004.

Ibrahim, M. Model Pembelajaran Inovatif, Jakarta: Media Group, 2012.

Ismawati, Ita. Pengaruh Penggunaan Internet sebagai Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Universitas Sumatra, 2011.

Konting, Mohd Majid. Kaedah Penyelidikan Pendidikan, Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka, 1998.

Marwoto. “Strategi Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sman 10 Pekanbaru.” Jurnal Lentera 5.14 (2014).

Prima Lestari., S. Pengaruh penggunaan media internet terhadap prestasi belajar ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA SWASTA BERSAMA BERASTAGI TA. 2011/2012, Sumatera Utara, Unimed: 2012.

Putra, Risky. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Sadirman, AM. Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2007.

Saifudijn, Azhar. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Sanafiyah, Faisal. Dasar Dan Peyusunan Angket, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Sanjaya, Wina. Teknologi Komonikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Slameto. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Renika Putra, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukardi. Mengembangkan Minat Baca Pada Anak, Bandung: Angkasa Ibrahim, 2009.

Sukirin. Pokok pokok Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset, 1979.

Suprianto, Teknologi Informasi dan Komonikasi., Bogor: Yudistira, 2007.

Sutrino, Hadi. Metode Research II, Yogyakarta: Andi Offset, 1989.

Torang, Syamsir. Metode Riset Struktur dan Prilaku Organisasi, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.

Wibowo, Agung Edy. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian, Yogyakarta: Gava Media, 2012.

Winarno. “Penerapan Sistem E-Learning Pada Komonitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Scholling).” Jurnal Utima 4.1 (2013): 45-51.
Published
2018-12-08
How to Cite
ARISANTI, Devi; SUBHAN, Mhd.. Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 61-73, dec. 2018. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/2322>. Date accessed: 25 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2322.
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times