Studi Komparasi Akhlak Terhadap Sesama Manusia Antara Siswa Fullday School Dengan Siswa Boarding School di Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta

  • Miftakhul Jannah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yokyakarta

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah terperosoknya akhlak siswa disebabkan oleh perkembangan zaman, dan sekolah boarding atau fullday sebagai salah satu solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan akhlak terhadap sesama manusia antara siswa Fullday dengan Boarding School di kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa penyebaran angket kepada peserta didik, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Setelah melakukan uji hipotesis dihasilkan indeks perbedaan (t) sebesar -1.333dengan taraf signifikan 0.186, karena taraf signifikan 0,186>0,05 makahasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan akhlak terhadap sesama manusia antara siswa Fullday School dengan siswa Boarding School. Dapat disimpulkan bahwa Ho di terima dan Ha di tolak. Saran bagi penelitian selanjutnya yang ingin mengangkat tentang akhlak terhadap sesama manusia dapat melakukan penelitian eksperimental berupa pelatihan yang meningkatkan akhlak terhadap sesama manusia.

References

Abdullah,Yatimin. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Quran, Jakarta: Amzah, 2007.

Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak), Jakarta: PT Bulan Bintang,1983.

Arifin, Zainal. Pengembangan Management Mutu Kurikulum Pendidikan Islam.Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Asmaran, As. Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

H.A., Mustofa. Akhlak Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI), 1999.

Nasution, Ahmad Bangun dan Rayani Hanum Siregar. Akhlak Tasawuf: Pengenalan, Pemahaman, dan Mengaplikasikannya diserai Biografi dan Tokoh-Tokoh Sufi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pedekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Tono, Sidik,dkk. Ibadah dan Akhlak dalam Islam, Yogyakarta: UII Press Indonesia, 1998.

Zahruddin, dan Hasanuddin Sinaga. Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2014.
Published
2018-11-15
How to Cite
JANNAH, Miftakhul. Studi Komparasi Akhlak Terhadap Sesama Manusia Antara Siswa Fullday School Dengan Siswa Boarding School di Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-15, nov. 2018. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/2216>. Date accessed: 18 jan. 2019. doi: https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2216.