Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman Terhadap Pendidikan Modern di Indonesia

Authors

  • Ummu Mawaddah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Siti Karomah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1516

Keywords:

Relevansi, Pendidikan, Fazlur Rahman

Abstract

Fazlur Rahman dengan double movementnya memberikan sumbangsih yang cukup besar dalam perkembangan pendidikan, khususnya Islam. Sebagai seorang modernis, Rahman telah banyak melakukan perubahan-perubahan dengan tujuan memajukan umat Islam dari ketertinggalan yang begitu jauh. Rahman sebagai seorang penulis dan pemikir ulung mencoba membawa umat Islam pada keseimbangan dunia dan akhirat dengan memadukan ilmu agama dan ilmu modern. Menurut hemat penulis, pemikiran hebat Rahman relevan untuk diterapkan di dunia pendidikan Indonesia, baik secara umum maupun secara khusus pada pendidikan Islam. Melalui tulisan ini, penulis mencoba menyajikan pemikiran pendidikan Fazlur Rahman beserta relevansinya dalam pendidikan Indonesia, mulai dari pengertian hingga sarana pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998.

Assegaf, Abd. Rahman. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Fahmi. “Pendidikan Islam Perspektif Fazlur Rahman” dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. II, No. 2, 2016.

Ikhtiono, Gunawan. Pendidikan Nondikotomik Fazlur Rahman, Yogyakarta, Kaukaba, 2014.

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Khotimah. “Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Islam” dalam Jurnal Ushuluddin, Vol. XXII, No. 2, Juli: 2014.

Mustafa. “Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman”, dalam Jurna Pendidikan Islam Iqra’, Vol. VI, No. 1, 2018.

Nafiz, Muhammad Muntahibun. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2011.

Nata, Abuddin. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat, Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses.

Rahman, Fazlur. “Islamization of knowledge: A Response”, dalam The American Journal of Islamic Social Science, Vol. 5, No. 1, 1988.

Rahman, Fazlur. “An Autobiographical Note” dalam Journal of Islamic Research, Vol. 4, No. 2, Oktober: 1990.

Rahman, Fazlur. “The Qur’anic Solution of Pakistan’s Educational Problems”, “Islamic Studies”, Vol. 6, No. 4, 1967.

Rahman, Fazlur. Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition, London: University of Chicago Press. 1982.

Saintifik Tematik Terpadu SD / MI HO. 2. 2-2.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur, Jakarta: Kencana, 2013.

Sibawaihi. “Implikasi Pemikiran Ketuhanan Fazlur Rahman terhadap Pendidikan Islam”, dalam Usman, (ed.), Pendidikan Islam: konsep, Aksi, dan evaluasi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2013.

Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: 1992.

Sutrisno. Fazlur Rahman: kajian terhadap metode, epistemologi, dan sistem pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Tim Penyusun. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Bandung: Citra Umbara, 2012.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru.

Published

08-05-2018

How to Cite

Mawaddah, U., & Karomah, S. (2018). Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman Terhadap Pendidikan Modern di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 15–27. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1516