Analisis Format Ideal Transformasi Institut Menuju Universitas di PTKIN

Authors

  • Ahmad Suradi IAIN Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1205

Keywords:

Transformasi, Institut, Menuju Universitas

Abstract

Perubahan IAIN menjadi UIN tentu saja bukan sekadar perubah status dari semula institut menjadi universitas, melainkan juga termasuk perubahan dalam struktur bangunan keilmuan yang ada didalamnya. Sehingga, permasalahan yang dibahas adalah bagaimana format yang ideal dalam perubahan PTKIN. Penulisan karya ilmiah ini merupakan jenis penelitian library reseach dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Transformasi PTKIN, Setidaknya ada hal mendasar yang mengharuskan IAIN ketika telah menjadi UIN harus segera dilakukan, yakni: pertama, Menghilangkan atau paling tidak mereduksi dikotomi ilmu pengetahuan yang selama ini menghinggapi sebagian besar kaum Muslimin. Kedua, Membuka akses terhadap input yang lebih besar, serta mampu melakukan mobilitas vertikal di masyarakat. Ketiga, Membuka peluang yang lebih besar bagi pendidikan Islam untuk berkontribusi ditengah-tengah masyarakat informasi. Di samping itu, upaya mentranformasikan IAIN menjadi UIN harus adanya kemauan yang keras, kesungguhan, serta kemampuan yang dimiliki oleh para pimpinan dan pengelola IAIN saat ini, juga harus dipertimbangkan tentang kemampuan mengelola, meningkatkan dan mengembangkannya secara berkesinambungan, baik dalam administrasi maupun dalam akademiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Amin. Integrasi Epistimologi Keilmuan dan Agama, Jakarta: INCIS, 2004.

Abdullah, Amin. Mencari Islam: Studi Islam dengan Berbagai Pendekatan. Yogyakarta: Tiarawacana, 2000.

Al-Faruqi, Ismail Raji. Islamization of Knowledge, Series (3), (United States of America: The International Institute of Islamic Thought, 2009.

Ali, Fachry. Kontinuitas dan Perubahan: Catatan Sejarah Social Budaya Alumni IAIN dalam Problem dan Prospek IAIN. Jakarta: Ditbinperta, 2007.

Daulay, Haidar Putra. Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Dewi, Diana Candra. “Tantangan Global UIN”, Perta: Jurnal Inovasi Pendidikan Tinggi Agama Islam, 7.2 (2004).

Djohar, M.S. “Pendidikan Alternatif: Mencari Terobosan Baru dalam KemandeganPendidikan di Indonesia”, yang disampaikan pada seminar tentang Pemikiran dan Metodologi Pendidikan, oleh LP3 dan FAI UMY. pada tanggal 25 Pebruari 2007.

Djumransyah. “Mencari Paradigma Sistem Pendidikan Tinggi Islam Masa Depan”, Malang: Majalah Tarbiyah, Nomor: 42, Tahun 2006.

Fadjar, A. Malik. “Pengembangan Pendidikan Islam yang Menjanjikan Masa Depan”, dalam Mudjia Rahardjo (ed), Quo Vadis Pendidikan Islam: Pembacaan Realitas Pendidikan Islam, Sosial dan Keagamaan, Malang: UIN Malang Press, 2006.

Fadjar, A. Malik. Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 2005.

Idris, Muhammad. Pemberdayaan Kualitas Umat Menuju Masyarakat Madani (Sebuah opsi memasuki masyarakat yang membebaskan), Makassar: PPs UIN Makassar, 2008.

Idris, Muhammad. Visi dan Praksis A.Malik Fadjar Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Disertsi PPS UIN Jakarta, 2008.

Kusmana dan Yudi Munadi (ed.). Proses Perubahan IAIN Menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ciputat: UIN Press, 2002.

Mulia, Siti Musdah. “PTAI Hadapi Tantangan Sangat Berat”. Perta: Jurnal Inovasi Pendidikan Tinggi Agama Islam, 8.2 (2004).

Mulkhan, Abdul Munir. "Refleksi Humanisasi Tauhid Dalam Reformasi Ontologis Pendidikan Islam." Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2.1 (2001).

Nata, Abudin (ed.). Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Grasindo, 2010.

Nata, Abudin (ed.). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Grasindo, 2005.

Rahman, Fazlur. Islamic Methodology in History. Islamabad: Islamic Research Institute Press, 1994.

Shodiq, Abdullah. “ Rekonsiliasi Epistemologi: Ikhtiar Mengatasi Dikhotomi Ilmu dalam Pendidikan Islam”, dalam Ismail SM. dkk (ed). Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Suprayoga, Imam. Tarbiyah Uli al-Albab: Dzikir, Fikr, dan Amal Shaleh. Malang: UIN Malang Press, 2004.
Suwito, dan Suprapto. “IAIN Menjadi Universitas?”, Mimbar Agama dan Budaya, 18.2 (2001).

Zamaroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Biograf Publishing, 2000.

Published

18-03-2018

How to Cite

Suradi, A. (2018). Analisis Format Ideal Transformasi Institut Menuju Universitas di PTKIN. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1205