Hakekat Manusia dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam

  • Miftah Syarif Universitas Islam Riau

Abstract

Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk tumbuh berkembang menuju kepada kesempurnaan. Adapun implikasi konsep Islam tentang hakekat manusia dan hubungannya dengan pendidikan Islam adalah: Pertama, Sistem pendidikan Islam harus dibangun di atas konsep kesatuan antara qalbiyah dan aqliyah untuk dapat menghasilkan manusia intelektual dan berakhlak. Kedua, pendidikan Islam harus berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki manusia secara maksimal, sehingga dapat diwujudkan bermuatan hard skill dan soft skill. Ketiga, pendidikan Islam harus dijadikan sarana yang kondusif bagi proses transformasi ilmu pengetahuan dan budaya Islami. Keempat, konsep hakekat manusia dan fungsi penciptaannya dalam alam semesta harus sepenuhnya diakomodasikan dalam perumusan teori-teori pendidikan Islam melalui pendekatan kewahyuan, empirik keilmuan dan rasional filosofis. Kelima, proses internalisasi nilai-nilai Islam kedalam pribadi seseorang harus dapat dipadukan melalui peran individu maupun orang lain (guru), sehingga dapat meperkuat terwujudnya kesatuan pola dan kesatuan tujuan menuju terbentuknya mentalitas insan kamil.

References

Al-Abrasy, M. Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Al-Baqi, Fu’ad Abdul. Al-Mu’jam Al-Mufahras li Al-Alfaz Al-Quran La-Karim, Qahirah: Dar Al-Hadits, 1988.
Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara., 2010.

Assegaf, Abd Rahman. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Ibn Munzhir. Lisan Al-Arab, Mesir: Dar Al-Mishriyah, Juz VII, 1992.

Jalaluddin & Usman Said. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Nasution, Harun. Islam Rasional, Bandung: Mizan, 1995.

Ramayulis dan Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan Islam dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta: Kalam Mulia, 2011.

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Quran, Bandung: Mizan, 1994.

Shihab, M. Quraish. Tafisr Al mishbah (Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an) volume 7, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam I, Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Published
2017-12-31
How to Cite
SYARIF, Miftah. Hakekat Manusia dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 135-147, dec. 2017. ISSN 2549-8770. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/1042>. Date accessed: 23 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1042.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.