PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN RELASI SISWA DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SMPN 4 RUMBIO JAYA

Main Article Content

Fitriani Fitriani Abdul Karim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok teman sebaya dan relasi siswa dalam keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa di di SMPN 4 Rumbio Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa di SMPN 4 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar yang berjumlah 102 siswa, dan seluruh siswa dijadikan sampel penelitian. Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis data diperoleh: 1) kelompok teman sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa. 2) relasi siswa dalam keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dan 3) kelompok teman sebaya dan relasi siswa dalam keluarga memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 4 Rumbio Jaya. Kontribusi yang diberikan sebesar 43,1%.


 


Kata Kunci: Kelompok teman sebaya, relasi siswa dalam keluarga, hasil belajar

Article Details

How to Cite
FITRIANI, Fitriani; KARIM, Abdul. PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN RELASI SISWA DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SMPN 4 RUMBIO JAYA. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 96-104, mar. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1326>. Date accessed: 23 oct. 2018.
Section
Articles