PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LERNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tapung dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Negeri 3 Tapung yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: peningkatan analisis peserta didik mencapai 75%, penerapan pembelajaran sesuai RPP oleh guru mencapai 75%, dan ketuntasan belajar peserta didik sesuai KKM 78 mencapai 75% dan rata-rata kelas minimal 78. Dari hasil penelitian siklus I persentase penerapan pembelajaran sesuai RPP siklus I 67,5% dan siklus II 80,75%, ketuntasan belajar siklus I 64,55% dengan rata-rata kelas 76 dan ketuntasan belajar siklus II 90,91% dengan rata-rata kelas 85. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL), Kemampuan Analisis