PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

  • Fitriani Fitriani

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu dan self efficacy terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Tempat penelitian dilakukan di Universitas Islam Riau dengan populasinya adalah seluruh mahasiswa pendidikan Akuntansi yang berada pada semester 2, 4 dan 6. Sampel penelitian dihitung dengan menggunakan tabel Krejcie pada tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel 128 mahasiswa dan diambil dengan menggunakan tekhnik proportional random sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil uji secara parsial variable manajemen waktu diperoleh t hitung 4,453 > t tabel 1,660. Dengan demikian terdapat pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. 2) Hasil uji secara parsial variable self efficacy diperoleh t hitung 2,077 > t tabel 1,660, yang artinya self efficacy memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa di Pendidikan Akuntansi FKIP UIR. 3) Hasil uji secara simultan diperoleh F hitung 14,866 > F tabel 3,09, yang artinya manajemen waktu dan self efficacy memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa di Pendidikan Akuntansi UIR. Sumbangan efektif yang diberikan berdasarkan koefisien determinasi sebesar 0,196 atau 19,6%.

 

Kata kunci: Manajemen waktu, self efficacy, prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-28
How to Cite
Fitriani, F. (2018). PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. PEKA, 6(2), 126-134. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2743
Section
Articles
Abstract viewed = 70 times
Pdf downloaded = 29 times