PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA BINA BARU KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA BINA BARU KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
DOI:
https://doi.org/10.25299/wedana.v9i1.12092Keywords:
Perilaku Birokrasi dan Kualitas PelayananAbstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Perilaku Birokrasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Desa Bina Baru Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang.Populasi dalam melakukan penelitian ini yaitu keseluruhan masyarakat yang telah menerima pelayanan dan Tokoh- tokoh masyarakat dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan yang berjumlah 1775 orang dari dua dusun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu rumus Slovin dengan hasil 100 orang, diambil berdasarkan teknik purpossive sampling. Tipe penelitian yang digunakanyaitupenelitian Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Teknik anallisis data yaitu menggunakan uji validitas, reliabilitas dengan menggunakan bantuan SPSS 16,0 dan Skala Likert. Berdasarkan penelitian yang diambil dari hasil olah kuesioner diperoleh rekapitulasi variabel Perilaku Birokrasi sebesar 60.4% termasuk kategori “Kurang Baik”. Rekapitulasi variabel Kualitas Pelayanan sebesar 60.3% termasuk kategori “Kurang Baik”.