PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA BINA BARU KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA BINA BARU KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Authors

  • Barisan Barisa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Muhammadiyah Rappang
  • Muhammad Ikbal Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Saifullah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Yuliana Alwi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.25299/wedana.v9i1.12092

Keywords:

Perilaku Birokrasi dan Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan dilakukannya  penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Perilaku  Birokrasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Desa Bina Baru Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang.Populasi dalam melakukan penelitian ini yaitu keseluruhan masyarakat yang telah menerima pelayanan dan Tokoh- tokoh masyarakat dengan jenis kelamin laki-laki  dan perempuan yang berjumlah 1775 orang dari dua dusun. Teknik  pengambilan  sampel  yang  digunakan  yaitu  rumus  Slovin  dengan  hasil  100  orang,  diambil berdasarkan   teknik   purpossive   sampling.   Tipe   penelitian   yang   digunakanyaitupenelitian   Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data  yang digunakan yaitu  menggunakan teknik  observasi,  kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Teknik anallisis data yaitu menggunakan uji validitas, reliabilitas dengan menggunakan bantuan SPSS 16,0 dan Skala Likert. Berdasarkan penelitian yang diambil dari hasil olah kuesioner  diperoleh  rekapitulasi  variabel  Perilaku  Birokrasi  sebesar  60.4%  termasuk  kategori  “Kurang Baik”. Rekapitulasi variabel Kualitas Pelayanan sebesar 60.3% termasuk kategori “Kurang Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-10

Issue

Section

Articles