STRATEGI PENINGKATAN PERTUMBUHAN DANA ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN BENGKALIS

Authors

  • Sulistyandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5953

Keywords:

Strategi, Solusi, BAZNAS, Zakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan pertumbuhan dana zakat di Kabupaten Bengkalis. Penelitian  dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang datanya diperoleh melalui  wawancara, observasi, dokumentasi dan literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dipakai oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan pengumpulan dana zakat adalah  dengan peningkatan kerjasama dengan berbagai instansi termasuk instansi pemerintah; menambah frekuensi sosialisasi melalui pelaksanaan seminar dan workshop zakat; meningkatkan kompetensi SDM amil, UPZ dan relawan serta mengembangkan sistem ICT dalam pengelolaan zakat. Sedangkan yang menjadi hambatan adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang zakat dan kurangnya kepercayaan masyarakat kepada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis. Adapun solusi yang diterapkan oleh BAZNAS Kabupaten Bengkalis untuk mengatasi hambatan diantaranya adalah transparansi pengelolaan; modernisasi pengelolaan dan publikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Nuruddin. 2006. Zakat sebagai Instrumen dalam Kebijakan Fiskal. PT Raja Grafindo. Jakarta.
Fajri, Ahmad. 2020. Strategi Pengumpulan Zakat Badan Amil Zakat Nasional Kota Padang. Jurnal At-Taghyir, 2(2), 233-247.
Hafidhuddin, Didin. 2002. Zakat dalam Perekonomian Modern. Gema Insani. Jakarat.
Hasan, Ali. 2006. Zakat dan Infak. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Kadir dan Nafis. 2017. Strategi Pengumpulan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Middle East And Islamic Studies, 4(1), 107-123.
Khasanah, Umrotul. 2010. Manajemen Zakat Modern : Instrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat. UIN Maliki Press. Malang.
Mannan, M. Abdul. 1997. Teori dan Praktek Ekonomi Islam. PT. Dana Bhakti Prima Yasa. Yogyakarta.
Mufraini, Arief. 2006. Akuntansi dan Manajemen Zakat. GP Press. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. CV. Andi Offset. Yogyakarta.
Trianto. 2015. Riset Modelling. Adh Dhuha Institute. Pekanbaru.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian, Edisi Pertama. Kencana. Jakarta.

Downloads

Published

2020-11-01