Pelaksanaan Pembelajaran Daring oleh Guru Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru

Authors

  • Yesi Safitri Universitas Islam Riau
  • Nazirun Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/s.v1i2.8241

Keywords:

pelaksanaan, pembelajaran, daring

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu pembelajaran daring membuat guru yang berusia di atas 50 tahun ke atas kewalahan dalam mengikuti perkembangan teknologi pada pembelajaran daring. Namun hal ini menjadi pengetahuan dan keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, dan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring masih sama dengan pembelajaran tatap muka secara langsung, yaitu dari komponen perencanaan, komponen pelaksanaan, dan komponen evaluasi masih tetap dilakukan. Pelaksanaan pembelajaran daring sudah terlaksana cukup baik. Hal ini disebabkan guru telah mempersiapkan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Sadikin dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Biologi, Volulme 6, Nomor 02, 214-224.

Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan:Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Belawati, Tian. 2019. Pembelajaran Online. Banten:Universitas Terbuka.

Damayanti, Nafiah. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V A Di MI Asas Islam Kalibening Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Salatiga Program Studi Guru Madrasah ibtidiyah.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidkan dan Sosial. Bandung:Alfabeta.

Depdiknas. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Umum.

Elis Ratnawulan dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung:Pustaka Setia.

Fatimah, Dewi. 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Skripsi Universias Jambi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta:Rineka Cipta.

Fatma Dewi, Wahyu Aji. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, 55-61.

Febriana, Rina. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:Aksara.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta:Bumi Aksara.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta:Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Herdiansyah, Haris. 2019. Metodologi Penelitian Kualiatatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta:Salemba Humanika.

Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan:UIN Sumatera Utara.

K, R Gilang. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jawa Tengah:Lutfi Gilang.

Kementerian Agama RI. 2017. Al-Quran Al-Hikmah. Bandung:Mikraj Khasanah Ilmu.

Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta:Teras.

Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97–102. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.39120

Mukhlis, M., Widyaningrum, H. K., Masjid, A. Al, Komariah, K., & Sumarwati, S. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 109–120. https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8262

Nazirun,dkk. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Pekanbaru:Forum Kerakyatan.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah:Sarnu Untung.

Rosali, Ely Sutiyasih. 2020. Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Jurnal Geography Science Education, Volume 1, Nomor 1, 21-30.

Setiawan, Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo:Uwais Inspirasi Indonesia.

Sandu Siyoto dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Metode Publishing.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sukardi. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta:Bumi Aksara.

Yusuf Bilfaiqih dan M. Nur Qomarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta:Deepublish.

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles