Author Guidelines

Pedoman Umum bagi Penulis

  1. Manuskrip ditulis dalam bahasa Indonesia dengan kerapatan baris 1,0 spasi, font Times New Roman 11, ukuran kertas A4, format satu kolom; lebih lengkap unduh tamplate artikel.
  2. Panjang manuskrip ilmiah hendaknya tidak lebih dari 5000 kata atau kurang lebih 10-15 halaman, termasuk gambar, grafik atau tabel (jika ada) yang menyertainya.
  3. Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam huruf miring (italic).
  4. Tinjauan yang dianggap penting dapat dipadukan dalam bab pendahuluan (Introduction) atau dalam pembahasan. Pengutipan pustaka dalam pembahasan seperlunya saja dan yang lebih diutamakan adalah pembahasan terhadap hasil analisis data yang ditemukan sendiri.

 

Struktur Artikel Ilmiah

Secara umum struktur artikel ilmiah hasil penelitian dan artikel ilmiah non penelitian relatif sama. Pada artikel non penelitian tidak ada bagian metode. Struktur artikel ilmiah hasil penelitian terdiri atas 9 bagian utama yaitu: (1) judul (2) baris kepemilikan; (3) abstrak; (4) kata kunci; (5) pendahuluan; (6) metode; (7) hasil dan pembahasan; (8) simpulan; dan (9) referensi. Masing-masing bagian diberikan penjelasan sebagai berikut.

 

Judul

  1. Judul hendaknya ringkas dan informatif, dengan jumlah kata tidak lebih dari 11, sudah termasuk kata penghubung. Agar judul dapat dibuat singkat dan ringkas dalam 12 kata, hindari kata penghubung dan penyebutan obyek, tempat atau bahan penelitian yang sangat terperinci.
  2. Judul mengandung kata-kata kunci dari topik yang diteliti.
  3. Jenis huruf Times New Roman 11.
  4. Judul dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, sesuai dengan bahasa yang dipergunakan dalam manuskrip.
  5. Hindari penggunaan singkatan, rumus, dan rujukan.

 

Baris Kepemilikan

  1. Bagian ini terdiri atas dua bagian, yaitu nama-nama penulis dan afiliasi kelembagaan penulis.
  2. Afiliasi kelembagaan mahasiswa mengikuti tempat dimana yang bersangkutan belajar.
  3. Nama-nama penulis hendaknya hanya orang yang benar-benar berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan, analisis hasil, pembahasan, dan penulisan laporan.
  4. Jabatan akademik/fungsional atau gelar kesarjanaan tidak perlu dicantumkan.
  5. Nama lembaga dicantumkan secara lengkap sampai dengan nama negara, ditulis di bawah nama penulis beserta alamat pos, email dan faksimili (kalau ada) untuk keperluan korespondensi.
  6. Jika penulis berasal dari kelembagaan berbeda, maka semua alamat dicantumkan dengan memberikan tanda superskrip huruf kecil mulai dari a pada belakang nama penulis secara berurutan, serta nama penulis pertama disertai email yang aktif digunakan.

Abstrak (ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia)

  1. Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan.
  2. Abstrak ditulis dalam satu paragraf; ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris); panjang abstrak berkisar antara 150 - 250 kata.
  3. Hindari perujukan dan penggunaan singkatan yang tidak umum.

 

Kata Kunci

  1. Kata kunci terdiri atas 3 sampai 5 kata dan/atau kelompok kata.
  2. Ditulis sesuai urutan abjad.
  3. Antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (,).
  4. Hindari kata penghubung yang tidak berkaitan langsung dengan variabel penelitian (dan, dengan, yang, dan seterusnya).

 

Pendahuluan

  1. Hindari sub-sub di dalam pendahuluan.
  2. Pendahuluan hendaknya mengandung latar belakang masalah atau permasalahan atau tujuan penelitian.
  3. Persentase panjang halaman pendahuluan antara 10-15% dari panjang keseluruhan sebuah manuskrip.
  4. Rujukan ditunjukkan dengan menuliskan nama keluarga/nama belakang penulis dan tahun terbitan, tanpa nomor halam Landasan teori ditampilkan dalam kalimat-kalimat lengkap, ringkas, serta benar-benar relevan dengan tujuan penulisan artikel ilmiah.

 

Metodologi

Informasikan secara ringkas mengenai materi dan metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi subyek/bahan yang diteliti, alat yang digunakan, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yang akan diukur, teknik pengambilan data, analisis dan model statistik yang digunakan.

  1. Hindari penulisan rumus-rumus statistik secara berlebih.
  2. Jika menggunakan metode yang sudah banyak dikenal, sebutkan nama metodenya saj Jika metodologi yang digunakan kurang familiar baru sebutkan seumber rujukannya. Untuk penelitian kualitatif, metode penelitian dapat menyesuaikan.

 

Hasil dan Pembahasan

  1. Format hasil penelitian dan pembahasan tidak dipisahkan, mengingat jumlah halaman yang tersedia bagi penulis terbatas.
  2. Hasil penelitian dapat disajikan dengan dukungan tabel, grafik atau gambar sesuai kebutuhan, untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal.
  3. Judul tabel dan grafik atau keterangan gambar disusun dalam bentuk frase (bukan kalimat) secara ringkas.
  4. Keterangan gambar/grafik diletakkan di bawah gambar/grafik tersebut, sedangkan judul tabel diletakkan di atasny Judul diawali dengan huruf kapital.
  5. Jangan mengulang menulis angka-angka yang telah tercantum dalam tabel di dalam teks pembahas Jika akan menekankan hasil yang diperoleh sebaiknya sajikan dalam bentuk lain, misalnya persentase atau selisih. Untuk menunjukkan angka yang dimaksud, rujuk saja tabel yang memuat angka tersebut.
  6. Hindari copy dan paste tabel hasil analisis statistik langsung dari software pengolah data statistik.
  7. Materi pembahasan terutama mengupas apakah hasil yang didapat sesuai dengan hipotesis atau tidak, dan kemukakan argumentasinya.
  8. Pengutipan rujukan dalam pembahasan jangan terlalu panjang (bila perlu dihindari).
  9. Sitasi hasil penelitian atau pendapat orang lain hendaknya disarikan dan dituliskan dalam kalimat sendiri (tidak menggunakan kalimat yang persis sama) serta kumpulan penelitian sejenis dapat dirujuk secara berkelom.

 

Simpulan

  1. Simpulan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, dan diungkapkan bukan dalam kalimat statistik.
  2. Ditulis sepanjang satu paragraf dalam bentuk esai, tidak dalam bentuk numeric.

 

Referensi

Ketentuan umum penulisan referensi:

  1. Rujukan yang dicantumkan dalam referensi hanyalah rujukan yang benar-benar dikutip dalam manuskrip mengikuti model American Phisicological Asosiation (APA).
  2. Artikel bersumber dari artikel yang telah dipublikasikan 10 tahun ke belakang.
  3. Sitasi artikel dosen Universitas Islam Riau yang telah dipublikasikan minimal lima artikel.
  4. 10% bisa bersumber dari buku/artikel.
  5. 10% bersumber dari artikel internasional.
  6. Sistem penulisan dengan aplikasi Mendeley.
  7. Referensi disusun secara alfabetis berdasarkan urutan abjad nama penulis.

 

Artikel Jurnal:

Hasmomo, T. (2016). The Effectiveness Of Edmodo To Teach Writing Viewed From Students’ Motivation.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press.

Wrenn, J., & Wrenn, B. (2009). Enhancing Learning by Integrating Theory and Practice. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 21(2), 258-265.

Chu, K.W., Wang, M., & Yuen, A. H. K. (2011). Implementing Knowledge Management in School Environment: Teachers' Perception. Knowledge Management & E-Learning: An International Journal, 3(2), 139-152.

 

Artikel Prosiding:

Zulfadhli,  M.,  Asnawi,  &  Hardani,   M.   (2017).  Peran   Bahasa  Indonesia  sebagai Bahasa Perdagangan di Era MEA. The 1st Education and Language International Conference, 508–515 . http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1267 Kosa,  T.,  Karakuş,  F.,  &  ve  Çakıroğlu,  Ü.  (2008).  Uzay  Geometri  Öğretimi  Için  üç Boyutlu Dinamik    Geometri    Yazilimi    Kullanarak    Çalişma    Yapraklarinin Geliştirilmesi. 8th International Educational Technology Conference, Eskişehir, 1066-1070.

 

Buku:

Cone, J.D., & Foster, S.L. (1993). Dissertations and Theses from Start to Finish: Psychology and Related Fields. Washington, DC: American Psychological Association.

Hasmomo, T. (2016). The Effectiveness Of Edmodo To Teach Writing Viewed From Students’ Motivation. Surakarta: UNS Press.

Prastowo,   A.   (2013).   Pengembangan   Bahan   Ajar   Tematik:   Panduan   Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press.