Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Materi Menulis Teks Eksplanasi

Authors

  • Balqis Syahrani Universitas Islam Riau
  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau

Keywords:

instrument, portfolio

Abstract

This research employs the Research and Development (R&D) method to create and test the effectiveness of a portfolio assessment instrument in writing explanatory texts for 8th-grade students at SMPN 34 Pekanbaru in the academic year 2022/2023. The study focuses on using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations) development model in the process of developing the assessment instrument. The objectives of this research are to evaluate the levels of validity, practicality, and effectiveness of the assessment instrument. The research findings indicate that the developed portfolio assessment instrument meets the validity criteria with a score of 70, making it a valid instrument. Furthermore, it also meets the practicality criteria with an average score of 82.7, indicating that the instrument is highly practical in the teaching context. Moreover, the instrument is proven to be effective with an average score of 78, demonstrating its effectiveness in measuring students' abilities in writing explanatory texts. This research produces a portfolio assessment instrument that can be used in teaching the writing of explanatory texts for 8th-grade students at SMPN 34 Pekanbaru. The instrument is considered valid, practical, and effective in measuring students' writing abilities and can serve as a valuable guide for educators to enhance student writing instruction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreni, Ni Wayan Yurita. 2020. pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis penilaian portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas v sd negeri gugus moh. hatta tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewanti, Ratih. 2022. pengembangan e-portofolio berbasis website untuk meningkatkan habits of mind peserta didik kelas x mata pelajaran biologi. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Dewi. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Pada Pembelajaran Terpdu Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Karang Pusat. FKIP Unila, Jl. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung.

Diatmika, Syifa. 2018. Pengembangan Perangkat Penilaian Portofolio Pada Pembelajaran Fisika Materi Alat-alat Optik Pada Siswa Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi UIN Walisongo. Semarang.

Fussalam, Yahfenel Evi dan Elmiati. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangon. Jurnal Muara Pendidikan. Vol.3 No.1 (2018).

Jannah, Raudhatul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning dengan Menggunakan Adobe Flash Cs 6 Siswa Kelas XI MAN 2 Padang. NATURAL SCIENCE JOURNAL. Vol. 3. No. 2. 2017. 429-437

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers

Mahardika, B. (2018). Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Elementary: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 4(1), 33-46.

Maulani, Giandari, dkk. 2016. Video Sebagai Portofolio Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Jurnal. Vol 9 No 2- Januari 2016, 225-239.

Maulina, Iin dan Hazilina. 2022. Implementasi Penilaian Portofolio di Taman Kanak-kanak Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6 Issue 4 (2022) page 3351-3360. ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print).

Neta Dian Lestari, Diana Widhi Rachmawati, Boby Agus Yusmiono. 2021. Analysis on Portfolio Assessment Leadership Management in Universitas PGRI Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) Volume 6 Issue 2 (2021) Page 318-335 ISSN 2614-8021 (Online) 2548-7094 (Print)

Novita Kus Irawati. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio dan Implementasinya untuk Menilai Investigasi Sederhana Siswa Kelas XI Berbasis Penilaian Autentik. e-ISSN: 2407-7347.

Pandiangan, Sarles.2020. Penerapan Media Gambar Peristiwa untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Fenomena Sosial. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 13. No. 1.

Poerwati, Jenny Indrastoeti Siti dan Retno Winarni. 2021. Pelatihan dan Pendampingan Merancang Instrumen Assesment For Learning Berbasis Portofolio Pada Guru-guru Sekolah. Jurnal Widya Laksana, Vol 10, No 1, Januari 2021.

Probosari, Annisa Phieraz. 2018. Pengembangan Instrument Penilaian Portofolio Berbasis Proyek Materi Program Aplikasi Pengolah Kata. Skripsi UNNES. Semarang.

Rustandi, A. dan Rismayanti.(2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer), 11(2), 57-60.

Saputri, dkk. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Konsektual Pada Materi Menulis Teks Persuasif Kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing. Vol 3, No.1, 2020. 124-135.

Setiadi, Hari. 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 20, No 2, Desember 2016 (166-178). ISSN 1410-4725 (Print) 2338-6061 (Online).

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Cv. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendektan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Cv. Alfabeta. Bandung.

Surapranata, Sumarna, dan M. Hatta. 2004. Penialain Portofolio implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. dan Satria Koni. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wandari, Ayu dkk. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 1. No. 2. 2018. 50-51

Downloads

Published

2023-10-28