Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Ceramah

Authors

  • Lis Karlina Universitas Islam Riau
  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/s.v2i3.10227

Keywords:

structure, language, lecture text

Abstract

This study aims to analyze students' abilities in analyzing the structure and language of lecture texts at SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung. This research was conducted within the scope of the study of education, especially learning Indonesian, especially reading and writing. This research is a field research that uses a quantitative approach and descriptive method. The results of data analysis show three important things. First, in general, the ability to analyze the structure of lecture texts in class XI students of SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung is very good with a score of 92.2. Second, in general, the ability to analyze the language of lecture texts in class XI students of SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung is quite adequate with a score of 59.5. Thus, it is concluded that students have good abilities in analyzing the structure of lecture texts but still need to improve their abilities in analyzing the language of lecture texts. The results of this study are expected to contribute to the development of Indonesian language learning in schools and to provide useful information for teachers and other education stakeholders in improving students' ability to read and analyze lecture texts.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprianti, Desy. 2019. Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Ceramah Menggunakan Media Youtube pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1. Jurnal Locana, Vol. 2 No. 2 (2019), hlm 42-53. Universitas Lambung Mangkurat.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsjad, Maidar G dan Mukti U.S. 1998. Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Jakarta: Erlangga.

Arsjad, Maidar G dan Mukti U.S. 1993. Pembinaan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Creswell, John W. 2017. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faulin, Ahmad. Keefektifan Pembelajaran Menganalisis Struktur Dan Kebahasaan Teks Eksposisi Dengan Model Group Investigation Dan Model Student Team Achievment Division (STAD) PADA Siswa Kelas X SMK. JPBSI Jurnal Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, tahun 2018.

Heriyanto, Ari. Pembelajaran Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi dengan Metode Think Pair and Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Peserta Didik Kelas X SMAN 6 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pasundan tahun 2018.

Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif; Analisis Isi dan Analisis. Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyadi, Yadi. 2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA-MA/SMK-MAK kelas XI. Bandung: Yrama Widya.

Nurhayatin. T. 2009. Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Priyatni, Endah Tri dan Titik Harsiati. 2017. Bahasa dan Sastra Indonesia. SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Bumi Aksara.

Qodratillah, M. T. 2011. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta: Badan Penagembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia (untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Sugiarti, Nurfadillah. Analisis Struktur Teks Eksposisi Pada Karya Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Jambi. Aksara Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No.2 April 2018 Universitas Batanghari.

Winata, Ardion Pandu. 2018. Penggunaan Bahasa Pada Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 1 Banjar Margo Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung.

Downloads

Published

2023-10-28