Peranan Spritualitas di Tempat Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Perilaku Kewargaorganisasian pada Dosen Universitas Islam Riau

Authors

  • Hafidzah Nurjannah Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Zulfadli Hamzah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2018.vol29(2).2789

Keywords:

Perilaku Kewargaorganisasian, Komitmen Organisasional dan Spiritualitas di Tempat Kerja

Abstract

Dosen merupakan instrumen yang sangat menentukan bagi keberhasilan proses pendidikan di sebuah perguruan tinggi sehingga seorang dosen harus memiliki jiwa loyalitas yang tinggi dan mau melakukan pekerjaan yang bukan tugas pokoknya, mau melakukan tugas ekstra seperti mau bekerja sama, tolong-menolong, memberikan saran, berpartisipasi secara aktif, serta mau menggunakan waktu kerjanya secara efektif. Hal demikian diartikan sebagai Perilaku Kewargaorganisasian (OCB). Agar dapat menjalankan perannya, seorang dosen juga harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap universitas dan juga harus memiliki kecerdasan spiritualitas di tempat kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen tetap di Universitas Islam Riau (UIR) sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini mengunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Spiritualitas di tempat kerja dan Komitmen Organisasional terhadapat Perilaku kewargaorganisasian pada Dosen UIR baik secara Simultan dan parsial dengan nilai F-hitung sebesar 13,08 dan nilai T hitung sebesar 3,185 dan 2,749. Bagi pihak UIR, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan maupun referensi dalam meningkatkan perilaku kewargaorganisasian (OCB) pada dosen yang dimiliki karena OCB ini yang akhirnya akan berdampak pada kinerja dosen itu sendiri dalam mewujudkan visi dan misi perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, F. dan Yunizar. 2008. Perilaku dan Spirituallitas di Tempat Kerja. Jurnal Bisnis & Manajemen 1(1).
Greenberg, Jerald dan Robert A. Baron. 2008. Behavior in Organizations. Ninth Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Griffin, 2004. Komitmen Organisasi,Terjemahan, Jakarta: Erlangga.
Gunara Ahmad. 2014. Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional Di PT. INCO TBK. Jurnal.
Hardi. 2009. COBIT Maping :Maping of ITIL V3 With COBIT 4.1, IT Governance Institut, USA.
Kreitner, Robert dan Kinicki. 2008. Organizational Behavior. 8th Edition. Boston: McGraw-Hill.
Luthans, Fred. 2012. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mathis dan Jackson, RL. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penterjemah Jimmy Sadelidan Bayu Prawira Hie. Jakarta: Penerbit PT. Salemba Empat.
Milliman, J, et al. 2003. Workplace Spirituality and Employee Work Attitudes An Exploratory Empirical Assessment. Journal of Organizational Change Management 16(4): 426-447.
Panggabean, Mutiara. 2009. Perbedaan Komitmen Organisasional Berdasarkan Karakteristik Individu. Media Riset Bisnis dan Manajemen. Vol.1, hal 89-124.
Permadi. 2009. Perilaku Organisasi. Gajah Mada University, Yogyakarta. Robbins, Stepehen P. 2006. Perilaku Organisasi edisi 12. Jakarta : Salemba Empat.
Robbins, Stephen P, dan Coulter, M. 2010. Manajemen. 10 rd ed. Erlangga. Jakarta.
Robbins, Stephen. P. 2008. Organizational Behaviour, Tenth Edition (Perilaku Organisasi Edisi ke Sepuluh), Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan. Jakarta. : Salemba Empat.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Waspodo, Agung AWS dan Lussy M. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Karyawan Pada PT. Trubus Swadaya Depok. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012.
Yuniar, I Gusti Ayu Agung, Harlina N, dan Diana R. 2012. Hubungan antara Kepuasan Kerja dan Resiliensi dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan Kantor Pusat PT. BPD Bali. Jurnal psikologi, Volume 1, Nomor 1. 2012.

Downloads

Published

2018-12-31