ANALISIS EFISIENSI BIAYA DENGAN METODE STOCHASTIC FRONTIER APPROACH (SFA) PADA BANK UMUM SYARIAH

Authors

  • Eka Nuraini Rachmawati
  • Imam Hanafi UIR
  • Sovia tun munawaroh UIR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi pada perbankan umum syariah dengan menggunakan metode SFA. Sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 14 bank. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil dari penelitian ini, yaitu: Berdasarkan data yang ada variabel Asset: Beban Personalia dan Bagi Hasil Pemilik dana: DPK yang merupakan komponen input, selama tahun pengamatan 2014-2019, diperoleh bahwa Bank Umum Syariah mengalami kenaikan dan penurunan tingkat input dan output, dari data variable kredit yang diberikan dan surat berharga yang dimiliki oleh bank yang merupakan komponen output selama tahun 2014-2019 pada bank umum syariah mengalami kenaikan dan penurunan yang dihasilkan. Berdasarkan hasil analisis cross section sthochastic frontier analysis nilai efisiensi perbankan di Indonesia menunjukkan angka-gnka yang hamper mendekati 100%. Hal ini menunjukkan adannya tingkat efisiensi relative antar bank dalam sampel pengamatan yang tinggi yang telah dilakukan oleh bank-bank go public.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faza, Firdaus Muhammad. dan Nadratuzzaman, Hosen Muhamad. Efesiensi Bank Umum Syariah Menggunakan Pendekatan Two-Stage Data Envelopment Analysis. Jakarta; State Islamic University of Syarif Hidayatullah Jakarta,Indonesia.

Haroki, Enayatullah Imam, 2018. Analisis Efisiensi Bank Syariah Mandiri Tahun 2014-2018 degan pendekatan SFA, Bogor; Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia

Hartono, Edi. 2009. Analisis Efisiensi Biaya Industri Perbankan Indonesia Dengan Menggunakan Metode Parametrik Stochastic Frontier Analysis, Semarang,Universitas Diponegoro.

Ikaputri, Mentari.2016. Analisis komparasi efisiensi biaya pada Bank Umum Konvensional (BUK) dan Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia periode 2011-2015 dengan metode Stochastic Frontier Analysis (SFA). Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah.

Istuningsih, Dewi Mulia,2015. Analisis Perbandingan nilai efesiensi Bank di Indonesia dengan Stochasic Frontier Analysis.Semarang.Universitas Diponegoro

Karimah, Siti. Dkk.2016. Kajian efesiensi Bank UmumSyariah Di Indonesia. Bogor: Instiut Peranian Bogor.

Kusomo, Willyanto Kartiko, 2015. Analisis Efisiensi Perbankan Syariah Dengan Metode Stochastic Frontier Approach ( SFA) ; Jakarta: Universitas indonesia.

Kustanti, Hesti dan Indriani, Astiwi,2016. Analisis Perbandingan Efisiensi Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) dengan Metode Stochastic Frontier Analysis (SFA) Periode 2010-2014, Semarang, Universitas Diponegoro.

Putri, Asti Mardiana.2016, Analisis Efisiensi Bank Persero dan Bank Asing dengan Metode Stochastic Frontier Analysis (SFA) dan Analysis Of Variance (ANOVA), Semarang ; Universitas Diponegoro

Rahmawati, Rafika.2015.Strategi peningkatan efesiensi biaya pada bank umum syariah berbasis stochastic frontier approach dan data envelopment analysis. Bogor : Institut Pertanian Bogor

Trianto, Hendrawan dan Subroto Bambang. 2017. Kinerja Efisiensi kantor pelayanan pajak pratama : Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). Malang, Universitas Brawijaya.

Yulistina, Cecep,2017. Analisis Perbandingan Efesiensi Biaya Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) dengan metode Stochastic Frontier Analysis (SFA). Pekanbaru,Universitas Islam Riau.

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles