Penerapan Teknologi Artificial Intelligence (ChatGPT) Pada Pendidikan Dasar di Riau

PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) PADA PENDIDIKAN DASAR DI RIAU

Authors

  • Sri Listia Rosa Universitas Islam Riau
  • Ana Yulianti
  • Sapitri
  • Rahma Adelia Putri

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.14828

Keywords:

Artificial Intelligence, Open AI, SD IT Sakinah, ChatGPT

Abstract

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) sudah memasuki berbagai bidang dan tidak terlepas pada bidang Pendidikan. Open AI yang baru-baru banyak dibicarakan juga memberikan dampak bagi era digital, dimana kita dapat bertanya dan berdiskusi dengan teknologi tersebut dan dengan aplikasi yang diberi nama ChatGPT dengan sangan mudah memberikan informasi yang ditanyakan atau diminta. Pengenalan terhadapt teknologi AI dan dengan tambahan Open AI serta ChatGPT kepada siswa sekolah dasar sangat diperlukan guna memberikan Pendidikan dini dampak baik dan buruk teknolog AI tersebut.  dilakukan sejak pada siswa-siswi sekolah agar lebih kenal dan mengerti proses kerjanya. Dalam kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan pengenalan dan pemahaman tentang AI dan Open AI serta bagaimana memanfaatkan teknologi tersebut untuk bidang pendidikan dan pengajaran. Sebagai tambahan dalam kegiatan ini pemaparan materi dasar AI dan pelatihan bagaimana menggunakan ChatGPT untuk penerapan pada pendidikan dan pengajaran. Penerapan teknologi kecerdasan buatan juga sudah memasuki dalam berbagai bidang dan bukan hanya pendidikan saja seperti pada bidang industri manufaktur dan otomasi, dimana mesin-mesin produksi diharapkan dapat melakukan instruksi dan mengenal terhadap beberapa kesalahan sederhana agar lebih produktif dan efisien. Luaran dalam kegiatan pengabdian ini ditargetkan terbit sebuah makalah atau paper pada jurnal yang minimal terindeks pada google scholar dan luaran tambahan yang menjadi target adalah terbit sebuah berita atau laporan kegiatan pada media masa lokal. Kegiatan ini sudah dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Sakinah di Desa Pandau Jaya, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Dimana SD IT Sakinah ini berada di Decamatan Siak Hulu di Kabupaten Kampar. Presentasi dasar teknologi AI dan perkembangannya, mesin ChatGPT yang dapat melakukan diskusi dan memberi jawabah sesuai dengan topik yang kita bahas terutama bidang pendidikan dan pengajaran. Pada bagian akhir kegiatan ini diharapkan ada tambahan pengetahuan terhadap siswa-siswi dan pahan penerapan Teknologi AI dan perkembannya dan mampu melakukan dasar pencarian dan kebutuhn materi dengan ChatGPT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crossplag (2023) https://crossplag.com/chatgpt-and-its-impact-on-education/.

Copeland, B., (2023) “Artificial Intelligence. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/technology/artificial-intelligence.

Daniel Jurafsky and James H. Martin, (2020) "Speech and Language Processing: An Introduction to Natural Language Processing, Computational Linguistics, and Speech Recognition", Journal of Natural Language Processing.

Hello sehat (2023) https://hellosehat.com/saraf/tahapan-perkembangan-otak-manusia/.

Saranya A., Subhashini R., (2023) “A systematic review of Explainable Artificial Intelligence models and applications: Recent developments and future trends”, Decision Analytics Journal, 7.

Steven Bird, Ewan Klein, and Edward Loper., (2015) "Natural Language Processing with Python" Journal of Computational Engineering.

Vasant, P.; Thomas, J.; Munapo, E.; Weber, G.W., (2022) ”Advances of Artificial Intelligence in a Green Energy Environment”. Academic Press.

Vaswani, A., et al. (2017) "Attention is All You Need." Advances in Neural Information Processing Systems (NIPS).

Yoshua Bengio, dan Aaron Courville (2018) "Deep Learning" oleh Ian Goodfellow, Artificial Intelligence Journal.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rosa, S. L., Ana Yulianti, Sapitri, & Rahma Adelia Putri. (2023). Penerapan Teknologi Artificial Intelligence (ChatGPT) Pada Pendidikan Dasar di Riau: PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) PADA PENDIDIKAN DASAR DI RIAU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(2), 29–36. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.14828

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)