Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Pendidikan

Authors

  • Sri Listia Rosa Universitas Islam Riau
  • Sapitri
  • Umi Hidayati
  • Oki Yusuf Barokah

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2022.10702

Keywords:

Teknologi Informasi, SD IT Sakinah, Pendidikan, Siswa Sekolah, Internet

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan dosen sebagai salah satu kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi sebagai aplikasi atau penerapan ilmu yang sudah ada. Dalam kegiatan ini akan dilaksanakan kegiatan Pegabdian kepada Masyarakat di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Sakinah yang terletak di Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Kurangnya pengetahuan murid-murid sekolah dasar dalam aplikasi dan implementasi serta penerapan Teknologi Informasi merupakan sebuah Langkah yang akan dilaksanakan kegiatan ini, lebih lanjut antisipasi dan sosialisasi sebagai bentu pencegahan penggunaan atau penerapan Teknologi Informasi untuk hal-hal yang tidak semestinya diharapkan dilakuakan pada kegiatan ini agar murid SD IT memahami fungsi dan penerapan teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat saja. Beberapa permasalahan dan dampak negatif penggunakan teknologi kepada hal yang tidak baik merupakan salah satu permasalahan yang harus di selesaikan atau dilakukan antisipasi sejak dini agar siswa atau murid SD IT ke depannya arif dalam menggunakan teknologi. Untuk membantu menyelesaikan permasalahan atau meningkatkan pengetahuan siswa sekolah maka akan dilakukan bimbingan dan implementasi Teknologi Informasi melalui kegiatan Literasi Data secara Digital dan akses internet yang baik serta bimbingan tutorial lainnya dengan tujuan agar siswa menperoleh pengetahuan tambahan disamping kelas regular yang di dapat di sekolah, kondisi pandemik membuat tidak maksimumnya pertemuan pembelajaran disekolah sehingga menambah permasalahan. Tambahan beberapa siswa kesulitan mendapatkan informasi atau melakukan pembelajaran melalui media digital isu-isu lainnya, dengan adanya cara memperoleh informasi melalui Literasi Data secara Digital di harapkan beberapa atau semua permasalahan tersebut dapat diatasi untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan dari siswa. Dengan adanya beberapa solusi tersebut di harapkan meningkatkan pengetahuan siswa sekolah SD IT Sakinah untuk memperoleh ilmu pengetahuan baik untuk ilmu regular sekolah dan tambahan lainnya seperti kreativitas membuat video dan konten kreatif melalui aplikasi sederhana atau media social yang bermanfaat untuk pendidikan. Luaran dari kegiatan ini berupa publikasi di karya ilmiah di Jurnal, video kegiatan, dan publikasi di media masa elektronik untuk peningkatan pemberdayaan mitra dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badrudin, “Dasar-Dasar Manajemen“, Bandung”: Alfabeta, 2015.
Manullang, “Dasar-Dasar Manajemen Usaha”, UGM Press, Yogyakarta, 2012.
Sri Rahayu, "Perancangan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Akademik Framework Togaf," Jurnal Algoritma, 2015.
Vidya Kharisma, dan Herdhita. “Literasi Digital di Kalangan Guru SMA di Kota Medan”. Jurnal Libri-Net 6(4), 2017.
Suyono, Titik Harsiati, dan Ika Sari Wulandari. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Sekolah Dasar 26(2), 2017.
Ukwoma, Scholastica C., dkk. “Digital Literacy Skills Possessed by Students of UNN, Implications for Effective Learning and Performance: A Study of The MTN Universities Connect Library. “ New Library World 117(11), 2016.
Tim Gerakan Literasi Nasional, “Materi Pendukung Literasi Digital“, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 2017.

Downloads

How to Cite

Rosa, S. L., Sapitri, Umi Hidayati, & Oki Yusuf Barokah. (2022). Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 3(2), 7–13. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2022.10702

Issue

Section

Articles