PROFIL LABORATORIUM DAN ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2018/2019

Indonesia

  • Lolita Malik Universitas Islam Riau
  • Desti Desti
Keywords: Profil Laboratorium, Praktikum, Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan praktikum pada pembelajaran Biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Pekanbaru, dan juga untuk mendeskripsikan sarana dan prasarana laboratorium Biologi di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pekanbaru yang terdiri atas empat kelas dengan jumlah 144 siswa. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil laboratorium SMA Negeri 2 Pekanbaru termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 76,10%. Sedangkan untuk penelitian tentang analisis pelaksanaan praktikum mendapatkan hasil persentase sebesar 82,18% yang berada dalam kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniawati, Akbar & Misri. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Vol. 4. No. 2:66. (https://medianeliti.com). Diakses 23 Januari 2019. Mastika, Adnyana, Setiawan. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. Vol. 4. Nugroho & I. Sumardi. (2004). Biologi Dasar. Jakarta: Penebar Swadaya. Nurhidayati. 2016. Analisis Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi Peserta didik Kelas XI di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Diakses 28 Januari 2019
Published
2020-05-06
How to Cite
Malik, L., & Desti, D. (2020). PROFIL LABORATORIUM DAN ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2018/2019: Indonesia. Biology and Education Journal, 1(1), 13. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/baej/article/view/4974
Section
Articles
Abstract viewed = 105 times
PDF downloaded = 122 times