PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VIII SMPN 03 PANGKALAN KURAS AJARAN 2018/2019.

Indonesia

  • tia aryanti Universitas Islam Riau
  • Elfis Elfis
Keywords: Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII C SMP 03 Pangkalan Kuras Tahun Ajaran 2018/2019 dalam penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). Penelitian merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data berupa deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2019, data yang diperoleh merupakan hasil belajar siswa yang dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII C SMP 03 Pangkalan Kuras yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Daya serap hasil belajar siswa sebelum PTK adalah 72,46%, daya serap sesudah PTK siklus I yaitu 80,80% mengalami peningkatan sebesar 8,34%, pada siklus II daya serap siswa adalah 84,89 dan mengalami peningkatan sebesar 4,09% , hasil belajar KI sebelum PTK adalah 77,46%, daya serap KI sesudah PTK siklus I yaitu 78,18% mengalami peningkatan sebesar 0,72%, sedangkan pada siklus II daya serap KI siswa adalah 81,11% mengalami peningkatan sebesar 2,93%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan belajar mengajar dengan penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMPN 03 Pangkalan Kuras Tahun Ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, A. Afifah, N dan Karno, R.2015.Pembelajaran Metode Circ Dengan Media Microsoft Powerpoint Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Tambusai Tahun Pembelajaran 2014/2015., dalam https://media.neliti.com/media/publications/112224-IDnone.pdf diakses 20 November 2018

Ekawati, R. Eko, S. Yuni, P. dan Husamah. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Vol 1 No. 3, dalam http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/2662, diakses 20 November 2018

Elfis. 2010. Desain PTK. Avaible at: http://elfisuir.blogspot.com/2010/05/desain-ptk.html. Diakses pada tanggal 3 Desember 2018

Elfis. 2010. Teknik Analisis Data. Avaible at: http://elfisuir.blogspot.com. Diakses 3 desember 2018
Published
2020-05-06
How to Cite
aryanti, tia, & Elfis, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VIII SMPN 03 PANGKALAN KURAS AJARAN 2018/2019.: Indonesia. Biology and Education Journal, 1(1), 10. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/baej/article/view/4972
Section
Articles
Abstract viewed = 60 times
PDF downloaded = 36 times