IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(1).4816Kata Kunci:
Penelitian tindakan kelas, guided discovery, aktivitas dan hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PPKn khususnya pada materi kewenangan lembaga-lembaga negara menurut UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 melalui model pembelajaran guided discovery menggunakan media lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 2 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan hasil nilai aktivitas rata-rata siklus I adalah 72,6 dan rata-rata siklus II adalah 82,9. Hal ini mengindikasikan secara umum peserta didik tergolong aktif dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran guided discovery juga meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik dengan hasil belajar yang diperoleh yaitu pada siklus I (rata-rata=79,72) dan siklus II (rata-rata=83,06).
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Accepted 2020-04-15
Published 2020-04-15