IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Penulis

  • Kasim Kasim SMA Negeri 2 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(1).4816

Kata Kunci:

Penelitian tindakan kelas, guided discovery, aktivitas dan hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PPKn  khususnya pada materi kewenangan lembaga-lembaga negara menurut UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 melalui model pembelajaran guided discovery menggunakan media lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 2 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan aktivitas  belajar siswa dengan hasil nilai aktivitas rata-rata siklus I adalah 72,6 dan rata-rata siklus II adalah 82,9. Hal ini mengindikasikan secara umum peserta didik tergolong aktif dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran guided discovery juga meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik dengan hasil belajar yang diperoleh yaitu pada siklus I (rata-rata=79,72) dan siklus II (rata-rata=83,06).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-04-15

Cara Mengutip

Kasim, K. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 PEKANBARU. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(1), 50–56. https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(1).4816
Received 2020-04-12
Accepted 2020-04-15
Published 2020-04-15