The Effect of Implementing the Problem Based Learning Model Using Digital Platforms on the Success of Learning Accounting

Penulis

  • Kuswanto Kuswanto Universitas Jambi
  • Erika Sabatany Silaban Universitas Jambi
  • Iwan Putra Universitas Jambi
  • Muhammad Arif Liputo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).16905

Kata Kunci:

Keberhasilan belajar akuntansi, model problem based learning (PBL), pemanfaatan platform digital

Abstrak

Pembelajaran akuntansi tidak hanya menuntut siswa menguasai konsep-konsep akuntansi namun juga menuntut menguasai keahlian dalam mengelola informasi keuangan dalam suatu sistem akuntansi. Pembelajaran akuntansi membutuhkan model yang efektif yang berfokus pada siswa yang dapat melatih keterampilannya dan mengembangkan pengetahuaannya, yaitu model “Problem Based Learning” (PBL). Penelitian ini berusaha mengkaji pengaruh penerapan model PBL dengan pemanfaatan platform digital terhadap keberhasilan belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 13 Kota Jambi. Penelitian dilakukan menggunakan model “Quasi Eksperimen” dengan disain “non-equivalent control group”, yaitu menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian merupakan hasil belajar sebelum dan setelah penerapan model PBL dengan pemanfaatan Platform Digital yang dirasiokan dalam bentuk skor N-Gain. Data dianalisis menggunakan teknik statistik “komparatif independent sample t-test”. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 52,32 dengan kategori cukup efektif, dan rata-rata skor N-Gain kelas kontrol sebesar 37,17 dengan kategori tidak efektif. Hasil “uji independent sample t-test” diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,287 > dibandingkan t-tabel pada alpha 5% sebesar 2,00 sehingga penerapan model PBL dengan pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran akuntansi terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa “SMA Negeri 13 Kota Jambi”. Penerapan model PBL dengan memanfaatkan platform digital menjadi alternative dalam mengoptimalkan pembelajaran akuntansi pada era digitalisasi pembelajaran saat ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Deswita, A. P., & Dahen, L. D. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di Smkn 1 Sawahlunto. Economica, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v2.i1.211

Dinuka, V. K., & Amalia, D. (2022). Skeptisisme Project Based Learning Dan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Akuntansi Berkelanjutan: Perspektif Mahasiswa Akuntansi. Journal of Applied Managerial Accounting, 6(2), 330–344. https://doi.org/10.30871/jama.v6i2.4774

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Fadzila, E. B. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntasi Indonesia Edisi 7 Tahun 2016, 3(June), 1–17.

Fikri, M. (2017). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM; Pendekatan Metode Pengajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 116. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.66

Harris, L., & Mardiyati, E. (2013). Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi atas Sistem Aplikasi Enterprise Resource Planning. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(April). https://doi.org/10.18202/jamal.2013.04.7182

Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506

Kohar, F., & Kuswanto. (2019). Development of Economic Mathematics Learning Materials Based on Problem Based Learning. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018), 295, 112–114. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.27

Krishnan, P. (2019). A review of the non-equivalent control group post-test-only design. Nurse Researcher, 26(2), 37–40. https://doi.org/10.7748/nr.2018.e1582

Lestari, N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dibidang Akuntansi Melalui Metode Problem Based Learning Pada Politeknik Negeri Batam. JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 9(1), 83–93. https://doi.org/10.30871/jaemb.v9i1.2829

Lisa, T., & Susilowibowo, J. (2016). Pengembangan Bahan Ajar eModiul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1–9.

Marwah, H. S., Suchyadi, Y., & Mahajani, T. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia Dan Benda Di Lingkungannya. Journal of Social Studies, Arts and Humanities (JSSAH), 1(01), 42–45. https://doi.org/10.33751/jssah.v1i01.3977

Musfiqon, M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustakaraya.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL Abstrak. 6(1), 35–43.

Pratiwi, A. A., Adi, W., & Octoria, D. D. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Cooperative Learning Metode Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jupe UNS, 2(3).

Purwanto, W., Djatmika, E. T., & Hariyono. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1700–1705. https://doi.org/10.17977/JP.V1I9.6721

Putra, H. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa SMK Kelas XI. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(2).

Rahayu, A. T., & Listiadi, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning), Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, dan Motivasi Belajar Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Khusus Kelas XI SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.

Rahmadhani, P., Lestari, N. D., & Pratiwi, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK Negeri 5 Palembang. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 5(2), 30–39. https://doi.org/10.30596/liabilities.v5i2.11469

Rif’ah, Z., & Rohayati, S. (2018). Pengaruh Motivasi, Intensitas Belajar, dan Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar. 2, 7–8.

Rini, D. P., & Sukanti. (2016). The Influence of Z Generation’S Character and Teacher’S Role During Learning Process. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5, 1–16.

Sagala, I. C. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Akuntansi. Journal on Education, 05(04), 14338–14348.

Sesmiyanti, S., Antika, R., & Suharni, S. (2019). N-Gain Algorithm for Analysis of Basic Reading. In Proceedings of the 2nd International Conference on Language, Literature and Education, ICLLE 2019, 22-23 August, Padang, West Sumatra, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.19-7-2019.2289527

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembeajaran Kooperatif. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20–31.

Sulaeha, S., Danial, M., & Wijaya, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi) The Effect of Problem Based Learning To Study Results o. 94–102.

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model Pbl Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100

Suprianto, E., & Harryoga, S. (2016). Faktor-Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(3), 75. https://doi.org/10.24914/jeb.v18i3.281

Suyono, A., Wijaya, P. A., Prabowo, A. E., & Putri, C. L. S. (2023). Pengembangan Kelas Belajar Di Mana Saja (LECAS) Platform Untuk Pendidikan Akuntansi. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 31–36. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).11998

Syamsidah. (2018). Development of Learning Tools of Problem-based Learning to Enhance Scientific Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012086

Valentino. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi jurusan akuntansi di SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9), 1–10.

Walser, T. M. (2014). Quasi-Experiments in Schools: The Case for Historical Cohort Control Groups - Practical Assessment, Research & Evaluation. Practical Assessment, Research & Evaluation, 19(6).

Warniningsih, E. (2020). Implementasi Metode Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.134

Weygandt, J. J., P.D., K., & Kieso, D. E. (2013). Financial Accounting: IFRS EDITION. John Wiley & Sons, Inc.

Winarsih, S., Sangka, K. B., & Octoria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Ditinjau dari Motivasi Belajar di SMK. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Yuniar, R., Nurhasanah, A., Rahman Hakim, Z., & Asih Vivi Yandari, I. (2022). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134–1150. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6408

Yusuf, N. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2020). Pengaruh Model Pbl Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 230. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3043

Diterbitkan

2024-05-10

Cara Mengutip

Kuswanto, K., Silaban, E. S., Putra, I., & Liputo, M. A. (2024). The Effect of Implementing the Problem Based Learning Model Using Digital Platforms on the Success of Learning Accounting. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 15(1), 73–83. https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).16905
Received 2024-04-26
Accepted 2024-05-03
Published 2024-05-10