Penggunaan Kartu Kata Bergambar Melalui Pendekatan Bahasa Ibu untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).16889Kata Kunci:
media, kartu kata bergambar, bahasa ibu, literasi membacaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dengan menggunakan media kartu kata bergambar melalui pendekatan Bahasa ibu pada siswa kelas II, SDK Watumite Ende. Subjek Penelitian ini yang di ambil peneliti ialah siswa kelas II yang berjumlah 17 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan literasi membaca. Dalam penelitian ini terdapat empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan tidakan, Pengamatan, refleksi. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan menggunakan media kartu kata bergambar melalui pendekatan bahasa ibu kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar melalui pendekatan Bahasa ibu dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDK Watumite Ende.
Unduhan
Referensi
ACDP Indonesia. (2014). Pendidikan Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (PMB-BBI). Lembar Kerja November 2014. ACDP Indonesia. https://repositori.kemdikbud.go.id/8579/
Afandi, I., Hasanah, N., & Toyyib, M. (2022). Permainan Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Awal Belajar Membaca di Kelompok B DI SD Tarbiyatul Athfal Bragang Klampis. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 7(2), 1-26. https://doi.org/10.61815/alibrah.v7i2.197
Afianti, F., Ummul, K., & Ningtyas, A. R. (2020). PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN TRANS MADANG (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Agustina, N. (2023). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Kelas II UPT SDN No. 14 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Pinisi Journal of Education, 3(5) http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34353
Ahmad Syawaluddin, Nurhaedah (2017). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. International Journal of Elementary Education. Vol.1 (4) pp. 238- 243.
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119-129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Arikunto,S. Suhardjono, & Supardi. (2012). Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.
Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1) 26-31 https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Asrif, N. F. N. (2010). Pembinaan dan pengembangan bahasa daerah dalam memantapkan kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia. Mabasan, 4(1), 11-23. https://doi.org/10.62107/mab.v4i1.183
Auliah, M., Halimah, A., Sulaiman, U., & Fatahullah, M. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN Bontoramba Gowa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jipmi/article/view/22687
Beisenbayeva, L. 2020. Using the Mother Tongue in Foreign Language Learning: Secondary School Students in Kazakhstan. International Journal of Instruction, 13(3), 605-616. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13341a
Dhiu, L. F., Qondias, D., Kaka, P. W., & Awe, E. Y. (2023). Pelaksanaan *Pembelajaran Berbasis Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 167-181.https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2182
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015.https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Haryanto, H., & Siahaan, P. (2020). Penggunaan media kartu gambar dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN di kecamatan Lembah Sorik Merapi kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 69-76.
Hidayat, Hilal Muhammad. dkk. 2018. “Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan, Vol. 3(6): 810-817. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Huda, K. W., & Rohmiyati, Y. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Media Buku Cerita Bergambar di SD Negeri Wotan 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 117-126. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26864
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71-82.
Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK). (2019). Statistik Kebahasaan 2019. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendikbud.
Setiawati, E., & Mulyono, H. (2019). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman anak melalui media gambar bergambar pada siswa kelas 1 SD. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 396-404.
Sitohang, Muston. (2019). Penggunaan Bahasa Daerah sebagai Bahasa Pengantar di Kelas Rendah Sekolah dasar di Kota Palangkaraya. Palangkaraya: Balai Bahasa Kalimantan Tengah. Jurnal Suarbetang, 12(2), 129-136 https://doi.org/10.26499/surbet.v12i2.10
Sofyatiningrum, E., Listiawati, N., Rahmadi, U. T., & Irmawati, A. (2021). Risalah kebijakan nomor 9 Juli 2021: penggunaan bahasa ibu untuk meningkatkan literasi dasar di kelas awal Sekolah Dasar. https://repositori.kemdikbud.go.id/23410/
Suparman, S. (2018). Inovasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Deepublish.
Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119-129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agustina Bebhe, Yohanes Vianey Sayangan , Maria Partisia Wa’u, Dimas Qondias
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2024-05-08
Published 2024-05-10