Respon Jama’ah Terhadap Seni Tilawah Imam di Dalam Bacaan Shalat di Masjid Kota Pekanbaru

Penulis

  • Idawati Arman Universitas Islam Riau
  • Armansyah Anwar Universitas Islam Riau
  • Sudirman Soemary Universitas Islam Riau
  • Khoirun Nisa Rusdi Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).16217

Kata Kunci:

Tilawah imam, aspek musikal, respon jama’ah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat aspek musikal yang terdapat dalam lantunan tilawah imam pada shaat berjama’ah. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat respon jama'ah pada saat mengikuti shalat berjama’ah. Demi untuk mendapatkan data-data terkait tujuan yang dimaksud, peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada dua oramg imam masjid yang memiliki kemampuan tilawah yang baik, serta beberapa orang jama’ah masjid yang tergabung ke dapal komunitas Pejuang Subuh. Dari hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa irama lagu tilawah yang lazim digunaan oleh dua orang imam yang dimaksud adalah irama bayati dan jiharka. Hasil analisis terhadap respon jama’ah adalah adanya reapon lampau, respon mendatang dan respon kini. Beragam respon ini diperlihatkan melalui reaksi yang muncul dari masing-masing jama’ah. Perbedaan respon yang bermuara kepada reaksi ini, disebabkan oleh perbedaan pengalaman spiritual yang dimiliki, di antaranya pengalaman kehidupan pribadi maupun pengalaman religi yang ernah dialami.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Faruqi, I. R. (1999). Seni Tauhid: Esensi dan Ekspresi Estetika Islam. Terj. Hartono Hadikusumo. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Alamsyah, Z., & Suherman, A. (2022). Karinding: dari ungkapan hati menjadi karya seni (sebuah tinjauan etnomusikologi). Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 5(2), 125–133.

Andita, C. D., & Desyandri, D. (2019). Pengaruh penggunaan musik terhadap konsentrasi belajar anak sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 205–209.

Copland, A. (1939). What to Listen for in Music. New York: McGraw-Hill Book Company.

Djohan Salim. (2009). Psikologi Musik. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Donner, L., & Elvers, M. (2017). Platelets and neurodegenerative diseases. Platelets in Thrombotic and Non-Thrombotic Disorders: Pathophysiology, Pharmacology and Therapeutics: An Update, 1209–1224.

Kaemmer, E. J. (1993). Music in Human Life. Austin: University of Texas Press.

Muradi, A. (2018). Pemerolehan bahasa dalam perspektif psikolinguistik dan Alquran. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research & evaluation methods (3rd ed.). London: Sage Publications.

Penumbra, S., Jatmika, O. B., & Laksono, K. (2023). Ngĕng: Penerapan Rasio Interval pada Sumber Bunyi Non Pitch. IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(1).

Rahmah, S., & Fitriani, D. R. (2018). Analisis Praktik Klinik Kesehatan Jiwa pada Bp. E dengan Intervensi Inovasi Latihan Relaksasi dan Terapi Musik terhadap Resiko Perilaku Kekerasan di Ruang Elang Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Samarinda Tahun 2018.

Rakhmat, J. (2021). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Online, Diakses Pada, 15.

Situmorang, A., & Munthe, P. (2021). Tinjauan Dogmatis Terhadap Upaya Mengadopsi Musik Patam-Patam Dalam Ibadah Di Gbkp Bunga Rampe. Jurnal Sabda Akademika, 1(2), 1–7.

Yuliana, A. R., Pujiastuti, S. E., & Hartati, E. (2020). Efektifitas Terapi Musik Klasik Monzat Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Anak Sekolah Usia Dasar. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(1), 46–56

Diterbitkan

2024-05-10

Cara Mengutip

Arman, I., Anwar, A., Soemary, S., & Rusdi, K. N. (2024). Respon Jama’ah Terhadap Seni Tilawah Imam di Dalam Bacaan Shalat di Masjid Kota Pekanbaru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 15(1), 84–94. https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).16217
Received 2024-01-30
Accepted 2024-05-06
Published 2024-05-10