Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender dan Aspek di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).16189Kata Kunci:
Analisis, Sekolah Menengah Atas, Kemandirian BelajarAbstrak
Kemandirian belajar matematika memegang peranan yang sangat vital dalam proses pendidikan, karena melalui kemandirian belajar ini, siswa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan potensi mereka secara mandiri dalam memahami konsep-konsep matematika, memperluas pemahaman, dan mengeksplorasi konsep-konsep yang kompleks, yang pada gilirannya akan membantu mereka menjadi pembelajar matematika yang lebih produktif dan efektif dalam upaya mencapai tujuan akademik dan pribadi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian belajar berdasarkan gender, aspek, dan secara keseluruhan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 277 siswa SMA yang berada di Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia. Instrumen yang digunakan yakni instrumen kemandirian belajar yang sudah dilakukan validasi dengan 25 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa gender wanita menunjukkan rata-rata persentase yang lebih tinggi, mencapai 76.03% dengan status "Baik". Ini mengindikasikan bahwa dalam aspek kemandirian belajar matematika, perempuan cenderung menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan laki-laki. Sedangkan hasil akhir menunjukkan bahwa nilai total akhir kemandirian belajar untuk semua responden mencapai 71.889%, menunjukkan kinerja yang relatif baik dalam menghadapi tantangan pembelajaran mandiri.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Belanisa, S. (2020). pengaruh kemandirian belajar dan berfikir kritis terhadap pemahaman konsep matematika (survei pada Mts swasta di Kota Tangerang Selatan). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1).
Burhani, A., Sumaryoto, S., & Sumarto, S. T. (2024). Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Daring Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 6(3), 304–317.
Dedek Andrian, Astri Wahyuni, Syarul Ramadhan, Fini Rezy Enabela Novilanti, & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. Inomatika, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.163
Deswita, D., Hasnawati, H., & Yumiati, Y. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS MURID SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1–14.
Fadhillah, M., Asbari, M., & Octhaviani, E. M. (2024). Merdeka Belajar: Solusi Revolusi Pendidikan di Indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 19–22.
Fatah, M. A., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 365–377.
Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi aksara.
Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar mahasiswa saat pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 828–834.
Hakim, M. L., & Angga, M. (2023). ChatGPT Open AI: Analysis of Mathematics Education Students Learning Interest. Journal of Technology Global, 1(01), 1–10.
Lubis, A. A. F., Fernanda, B., Sari, I. P., & Setiawan, H. R. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 20–29.
Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2), 2184–2194.
Muhamad Yunus, Mizan Abrory, Zafrullah, Dedek Andrian, & David Maclinton. (2022). The Effectiveness of Macromedia Flash Digital Media in Improving Students’ Mathematics Reasoning. Mathematics Research and Education Journal, 6(1), 14–20. https://doi.org/10.25299/mrej.2022.vol6(1).9013
Nasution, F., Hasibuan, I. W., Siregar, J. H. H., & Hasibuan, N. S. (2024). Motivasi, Pengajaran, dan Pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).
Nurani, Y., & Hartati, S. (2020). Memacu kreativitas melalui bermain. Bumi Aksara.
Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). Kemandirian belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan aktivitas quick on the draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 97–107.
Nursaptini, N., Syazali, M., Sobri, M., Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa Dan Analisis Faktor Yang Mempengaruhinya: Komunikasi Orang Tua Dan Kepercayaan Diri. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 85.
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 789–798.
Rahmawati, D., Misdalina, M., & Irawan, D. B. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas III SD Negeri 5 Rambutan. Journal on Education, 6(1), 7136–7142.
Rama, A., Giatman, M., Maksum, H., & Dermawan, A. (2023). Konsep Fungsi dan Prinsip Manajemen Pendidikan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 130–136.
Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh penerapan media unomath untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521–532.
Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish.
Sapitri, D. W., Adawiah, R., Ulfa, Y. R., & Andriani, O. (2024). BENTUK LAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK INKLUSI. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 2(1), 331–341.
Ulwiyah, S. (2023). RASCH MODEL ANALYSIS ON MATHEMATICS TEST INSTRUMENTS: BIBLIOSHINY (1983-2023). Mathematics Research and Education Journal, 7(2), 1–13.
Zafrullah, Z., Bakti, A. A., Riantoro, E. S., Kastara, R., Prasetyo, Y. B. A., Rosidah, R., Fitriani, A., Fitria, R. L., Ramadhani, A. M., & Ulwiyah, S. (2023). ITEM RESPONSE THEORY IN EDUCATION: A BIBLIOSHINY ANALYSIS (1987-2023). Journal of Education Global, 1(1), 101–114.
Zafrullah, Z., Fitriani, A., Ramadhani, A. M., & Hidayah, S. M. N. (2023). Transformasi Adobe Flash dalam Dunia Pendidikan: Analisis Bibliometrik (2006-2023). Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1652–1666.
Zafrullah, Z., Hardi, V. A., Nabilah, N., & Fitriani, A. (2024). Transforming the Utilization of ChatGPT in Education: A Bibliometric Analysis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5316–5329.
Zafrullah, Z., Meisya, A., & Ayuni, R. T. (2024). ARTIFICIAL INTELLIGENCE AS A LEARNING MEDIA IN ENGLISH EDUCATION: BIBLIOMETRIC USING BIBLIOSHINY ANALYSIS (2009-2023). ELTR Journal, 8(1), 71–81.
Zafrullah, Z., & Zetriuslita, Z. (2021). Learning interest of seventh grade students towards mathematics learning media assisted by Adobe Flash CS6. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 114–123. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1272
Zimmerman, B. J. (2009). Self-Regulation from: Handbook of Metacognition in Education Routledge. Handbook of Metacognition in Education, 11531, 299–315. https://doi.org/10.4324/9780203876428.ch16
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Zafrullah Zafrullah, Jumriani Sultan, Rizki Tika Ayuni, Andi Tenri Uleng
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2024-04-09
Published 2024-04-30