Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Tapung

Penulis

  • Sri Rahma Jelita Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber Universitas Islam Riau
  • Mefa Indriati Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14616

Kata Kunci:

media animasi Powtoon, kooperatif tipe STAD; hasil belajar matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi powtoon  dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tapung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eskperimen) dimulai pada tanggal 16 Mei 2023 hingga 26 mei 2023, dengan desain penelitian nonequivalent control group design menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama lima kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tapung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan dokumentasi. Adapun instrument pengumpulan data hasil belajar melalui pretest dan posttest yang akan diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Setelah dilakukannya pengolahan data hasil dari penelitian ini dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial menujukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tapung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Alzaber Alzaber, Universitas Islam Riau

Pendidikan matematika

Mefa Indriati, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Referensi

Aliyah, A., & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran PowtoonTerhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal IDEAS Pendidikan, Sosial, dan Budaya, Vol. 8 (3).

Alzaber, A., Suripah, S., & Susanti, W. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar untuk Memfasilitasi Perkuliahan Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika (DPPM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4131

Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Konfiks, Vol. 7 (2) hal. 44-52.

Dupri, D. C., & Suryani, D. (2020). Implementasi Masalah Model Pembelajaran Berbasis dalam Meningkatkan Kerjasama dan Hasil BelajarPada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani, Vol 5(1).

Ekayani, N. L. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Ernalida, d. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran Berbass Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, Vol. 5 (2) hal. 132-138.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasi, Vo. 5 (1) hal. 11-21.

Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). MODEL & PENDEKATAN PEMBELAJARAN INOVATIF. DI. Yogyakarta: CV Liantas Nalar.

Halimah, N. (2017). Perbedaan Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 267–275.

Khalisa, A. M., Herlina, S., Suripah, S., & Yolanda, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 128–136.

Musfiqon, M. (2016). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurhusain, M. (2017). Analisis Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), Vol. 2(2) hal. 46.

Oktavia, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), Vol. 10(1).

Pais, M., Nogues, F., & Munoz, B. (2017). Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs. Internasional Journal og Emerging Technologies in Learning, Vol. 12(6) hal. 120-131.

Rahmadani, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas X IPA SMA Negeri 9 Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Siagian, M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Matematics Education and Science), Vol. 2 (1)

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suripah. (2015). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol. 6 (1) hal. 125.

Suryadi. (2019). Gerakan Ayo Sekolah di Kabupaten Bojonegoro: Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Untuk Menyongsong Bonus Demografi. Jurnal Kependudukan Indonesia, 14(1), 77.

Yuliya, D., & Novia, E. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Materi Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa IIS Kelas X Di SMA Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, Vol. 2 (1).

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Rahma Jelita, S., Alzaber, A., & Indriati, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Tapung. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 145–153. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14616
Received 2023-10-18
Accepted 2023-10-29
Published 2023-10-30