Makna Pendidikan Ekonomi Informal Dalam Perilaku Ekonomi Anak Dibingkai Nilai-Nilai Budaya Bugis

Penulis

  • Andi Tenri Ampa Universitas Negeri Makassar
  • Supardi Salam Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Andi Tonra Lipu Universitas Patompo
  • Andi Annisa Sulolipu Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14546

Kata Kunci:

Pendidikan Ekonomi Informal, Perilaku Anak, Nilai-Nilai Budaya Bugis

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini untuk mengembangka  makna pendidikan ekonomi dal perilaku ekonomi anak yang di bingkai nilai-nilai budaya sehingga mereka kelak setelah mereka dewasa dan menjadi kepala keluarga memiliki ekonomi yang efektif dan efisien. Pendekatan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deng metode deskriptif. Teknik pengumpulandata dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. subjek dalam penelitian ini adalah keluarga petani yang ada di Kecamatan Rilau Ale. Hasil penelitian ini menujukkan Proses pendidikan ekonomi keluarga petani di kecamatan Rilau Ale telah membentuk perilaku ekonomi anak yang mencerminkan nilai - nilai dan keteladanan antara lain tanggungjawab, amanah, kejujuran, disiplin, dan ikhlas, serta rajin. Dimana dari nilai-nilai keteladanan tersebut juga terdapat pula pada nilai-nilai budaya suku bugis yang sangat berpengaruh terhadap budaya siri dimana Hakikat siri’ yang merupakan aspek nilai dari panngaderreng merupakan wujud kebudayaan yang mengangkat harga diri dan martabat manusia dalam lingkungan hidup bermasyarakat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fadhila, N. (2019). Makna Pendidikan Ekonomi Informal Bagi Keluarga Petani Di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2). https://doi.org/10.17977/UM014v2i22019p125

Habibulloh Habib, M., Fuadi, I., & Masrokan Mutohar, P. (2023). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 61–71. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3284

Inanna, I. (2020). Pentingnya Pendidikan Ekonomi Informal Dalam Mewujudkan Perilaku Ekonomi Mahasiswa Yang Rasional. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 64. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i1.12373

Mattulada. (1998). Sejarah, Masyarakat dan Kebudayaan Sulawesi SelatanSejarah, Masyarakat dan Kebudayaan Sulawesi Selatan.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analysis of qualitative data. UI Press.

Rahim, H. A. R. (2011). Nilai-nilai utama kebudayaan Bugis. Ombak.

Rahmatika, A. N., & Wahyono, H. (2023). The Intensity Of The Application Of Informal Economic Education, Socioeconomic Status Of Parents And Pocket Money On The Rationality Of Spending Social Studies Students Class Xi Sman 2 Malang. International Journal of Global Accounting, Management, Education, and Entrepreneurship (IJGAME2), 3(2), 117–130.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). How Informal Education Fosters Economic Awareness in Children. Dinamika Pendidikan, 15(2), 202–214. https://doi.org/10.15294/dp.v15i2.25285

Wahyono, H., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., & Kustiandi, J. (2021). Irrationality and economic morality of SMEs’ behavior during the Covid-19 pandemic: lesson from Indonesia. Heliyon, 7(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07400

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Ampa, A. T., Salam, S., Lipu, A. T., & Sulolipu, A. A. (2023). Makna Pendidikan Ekonomi Informal Dalam Perilaku Ekonomi Anak Dibingkai Nilai-Nilai Budaya Bugis. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 133–138. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14546
Received 2023-10-11
Accepted 2023-10-16
Published 2023-10-30