Makna Pendidikan Ekonomi Informal Dalam Perilaku Ekonomi Anak Dibingkai Nilai-Nilai Budaya Bugis
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14546Kata Kunci:
Pendidikan Ekonomi Informal, Perilaku Anak, Nilai-Nilai Budaya BugisAbstrak
Tujuan utama penelitian ini untuk mengembangka makna pendidikan ekonomi dal perilaku ekonomi anak yang di bingkai nilai-nilai budaya sehingga mereka kelak setelah mereka dewasa dan menjadi kepala keluarga memiliki ekonomi yang efektif dan efisien. Pendekatan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deng metode deskriptif. Teknik pengumpulandata dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. subjek dalam penelitian ini adalah keluarga petani yang ada di Kecamatan Rilau Ale. Hasil penelitian ini menujukkan Proses pendidikan ekonomi keluarga petani di kecamatan Rilau Ale telah membentuk perilaku ekonomi anak yang mencerminkan nilai - nilai dan keteladanan antara lain tanggungjawab, amanah, kejujuran, disiplin, dan ikhlas, serta rajin. Dimana dari nilai-nilai keteladanan tersebut juga terdapat pula pada nilai-nilai budaya suku bugis yang sangat berpengaruh terhadap budaya siri dimana Hakikat siri’ yang merupakan aspek nilai dari panngaderreng merupakan wujud kebudayaan yang mengangkat harga diri dan martabat manusia dalam lingkungan hidup bermasyarakat
Unduhan
Referensi
Fadhila, N. (2019). Makna Pendidikan Ekonomi Informal Bagi Keluarga Petani Di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2). https://doi.org/10.17977/UM014v2i22019p125
Habibulloh Habib, M., Fuadi, I., & Masrokan Mutohar, P. (2023). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 61–71. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3284
Inanna, I. (2020). Pentingnya Pendidikan Ekonomi Informal Dalam Mewujudkan Perilaku Ekonomi Mahasiswa Yang Rasional. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 64. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i1.12373
Mattulada. (1998). Sejarah, Masyarakat dan Kebudayaan Sulawesi SelatanSejarah, Masyarakat dan Kebudayaan Sulawesi Selatan.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analysis of qualitative data. UI Press.
Rahim, H. A. R. (2011). Nilai-nilai utama kebudayaan Bugis. Ombak.
Rahmatika, A. N., & Wahyono, H. (2023). The Intensity Of The Application Of Informal Economic Education, Socioeconomic Status Of Parents And Pocket Money On The Rationality Of Spending Social Studies Students Class Xi Sman 2 Malang. International Journal of Global Accounting, Management, Education, and Entrepreneurship (IJGAME2), 3(2), 117–130.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). How Informal Education Fosters Economic Awareness in Children. Dinamika Pendidikan, 15(2), 202–214. https://doi.org/10.15294/dp.v15i2.25285
Wahyono, H., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., & Kustiandi, J. (2021). Irrationality and economic morality of SMEs’ behavior during the Covid-19 pandemic: lesson from Indonesia. Heliyon, 7(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07400
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Accepted 2023-10-16
Published 2023-10-30