Pengembangan Media Mind Map Berbasis Powerpointplex pada Materi Kingdom Animalia untuk Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Airpura

Penulis

  • Ika Anggraeni STKIP Ahlussunnah Bukittinggi
  • Rini Silvina STKIP Ahlussunnah Bukittinggi
  • Itgo Hatchi STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).14453

Kata Kunci:

mind map, powerpointplex, kingdom animalia

Abstrak

Media pembelajaran adalah salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. Salah satu media yang cocok dengan materi kingdom animalia adalah mind map. Kingdom animalia memiliki materi dan penjelasan yang banyak dan bercabang sehingga cocok diuraikan dengan mind map. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan disseminate (penyebaran) . Subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Airpura kelas X MIPA. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari validasi, praktikalitas guru, dan praktikalitas siswa. Data validasi dan praktikalitas dianalisis berupa persentase. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkanlah mindmap berbasis powerpointplex materi kingdom animalia yang valid dan praktis. Nilai validasi mindmap berbasis powerpointplex materi kingdom animalia yang dikembangkan adalah 88%. Untuk uji praktikalitas oleh guru pada mindmap berbasis powerpointplex materi kingdom animalia yang dikembangkan adalah sangat praktis dengan nilai 94%. Uji praktikalitas oleh siswa pada tahap I (uji terbatas) didapatkan hasil sangat praktis dengan nilai 91% dan untuk uji tahap II (uji lapangan) didapatkan hasil sangat praktis dengan nilai 86%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, Ria. 2023. “Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping): Motivasi Belajar Melalui Keterampilan Menulis”. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Asyar, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GaungPersada (GP) Jakarta Press.

Buzan, Tony. 2013. Mind map: Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia.

Ezmir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasan, Muhammad dkk. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Jalinus, Nizwardi. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kristanto, Andi. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya.

Kurniawan, Yahya. 2011. PptPlex. (https://blogs.itb.ac.id/. Diaksestanggal 20 Maret 2021.

Mudia Ali, Rahmi dkk. 2022. Media Pembelajaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Nurdiyansyah. 2019. Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Pagarra, Hamzah dkk. 2022. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Purwanti, Lusi dkk. Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education Vol 3 No.2 (2020): 156-166.

Rukmana, Rosiana Dwi. Pengembangan Media Pembeajaran Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Komponen Ekosistem Kelas X. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 11 No.3 (2022): 621-633.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi P embelajaran. Jakarta: PT Fajar Inter Pratama Mandiri.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Titin, IIn Kurnia. Studi Literatur: Pemanfaatan Power Point Interaktif sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMA. Edubiologia Vol 2 No.1 (2022): 1-6.

Widiyono. 2021. Mind Mapping Strategi Belajar yang Menyenangkan. Jombang: Lima Aksara.

Wulandari, Eka. Pemanfaatan Power Point Interaktif Sebagai Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No.2 (2022): 26-32.

Yuarifka, Imelda Santi. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping Materi Jaringan dan Organ Hewan pada Siswa Kelas XI IPA 1. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3, No.1 (2020): 33-39.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Anggraeni, I., Silvina, R., & Hatchi, I. (2024). Pengembangan Media Mind Map Berbasis Powerpointplex pada Materi Kingdom Animalia untuk Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Airpura. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 15(1), 8–15. https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).14453
Received 2023-09-29
Accepted 2024-04-01
Published 2024-04-30