Pengembangan Panduan Praktikum IPA Berbasis Model Pembelajaran Kerja Sama Tim Kolaboratif (CTL) untuk Siswa SMPN 3 Bonjol

Penulis

  • Ennike Gusti Rahmi Universitas Palangkaraya
  • Destaria Sudirman STKIP Ahlussunnah Bukittinggi
  • Nurhaty Purnama Sari Universitas Riau Kepulauan Batam

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14385

Kata Kunci:

Penuntun Praktikum Collaborative Teamwork Learning

Abstrak

Guru di SMPN 3 Bonjol dalam melaksanakan kegiatan praktikum belum menggunakan penuntun praktikum. Kegiatan praktikum yang dilakukan guru selama ini cenderung hanya memberikan instruksi saja. Hal ini dikarenakan bahwa sekolah tersebut  belum memiliki buku penuntun praktikum. Kesulitan juga dihadapi siswa, karena siswa tidak mengetahui kegiatan praktikum apa yang akan dilaksanakan dan menyebabkan kurangnya persiapan siswa dalam melakukan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum berbasis Collaborative Teamwork Learning untuk siswa kelas VII di SMPN 3 Bonjol yang valid, praktis, dan efektif. Jenis Penelitian pengembangan (Develpomental research), Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket lembar validasi, angket lembar praktikalitas, rubrik penilaian afektif, rubrik penilaian psikomotor. Teknik analisa data dengan menggunakan statistik deskriptif. Angket validitas dan praktikalitas dibuat menurut skala likert. Untuk efektivitas dilihat melalui hasil belajar. Hasil uji validitas keseluruhan diperoleh nilai persentase 85,20 % dengan kriteria valid. hasil uji praktikalias guru keseluruhan diperoleh dengan nilai persentase 90,86% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji praktikalitas siswa secara keseluruhan diperoleh dengan nilai persentase 92,65 dengan kriteria sangat praktis. Uji efektivitas penggunaan penuntun praktikum IPA Berbasis Collaborative Teamwork Learning yang diperoleh melalui aktivitas siswa, motivasi, dan hasil belajarsiswa telahdihasilkan penuntun praktikum IPA berbasis Collaborative Teamwork Learning yang efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adquisiciones, L. E. Y. D. E., Vigente, T., Frampton, P., Azar, S., Jacobson, S., Perrelli, T. J., Washington, B. L. L. P., No, Ars, P. R. D. a T. a W., Kibbe, L., Golbère, B., Nystrom, J., Tobey, R., Conner, P., King, C., Heller, P. B., Torras, A. I. V., To-, I. N. O., Frederickson, H. G., … SOUTHEASTERN, H. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Duke Law Journal, 1(1).

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). 済無No Title No Title No Title. July, 1–23.

Anita, H. (2023). Al-Ahya : Jurnal Pendidikan Biologi Analisis Kebutuhan Pengembangan Penuntun Praktikum Mikrobiologi Mahasiswa Pendidikan Biologi Institut Turatea Indonesia Jeneponto. 5(1), 12–29.

Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry Untuk Mengopimalkan Hands On. Radiasi, 5(1), 24–28.

Dewi, R. P., Kurniati, T., & Fitriani, F. (2019). Efektivitas Model Collaborative Teamwork Learning Berbasis Praktikum Pada Sub Materi Reaksi Pengendapan Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Sungai Raya. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.29406/ar-r.v7i1.1385.

Fathimah, F. (2018). Pengembangan modul pembelajaran berbasis contextual teaching learning (CTL) pada konsep sistem gerak sebagai bahan ajar siswa kelas XI di SMA.

Jiwa, I. W. M., Atmadja, N. B., & Yudana, M. (2013). Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4. http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/986.

Kurniawan, W. D., Budijono, A. P., Arum, I., & Rahayu, T. (2019). Pengembangan panduan praktikum sensor berbasis arduino dengan pendekatan collaborative teamwork learning model. 01(September), 44–53.

Mila Putri, Z., Hasnunidah, N., & Berti, Y. (2018). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Struktur dan Fungsi Tumbuhan dengan Model Argument-Driven Inquiry ( ADI ). Journal Bioterdidik, 1, 3.

MPOC, lia dwi jayanti, & Brier, J. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/.

Muhammadiyah, X. S. M. A., & Tahun, M. (2018). Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Pada Program Studi Bimbingan dan Konseling. 1–155.

Mulyati, M., & Sari’ah, S. (2020). Pengaruh Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Percobaan Siswa Kelas Ix Smp Negeri 24 Palembang. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 52–61. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.791.

Rosen, A., Trauer, T., Hadzi-Pavlovic, D., Parker, G., Patton, J. R., Cronin, M. E., Bassett, D. S., Koppel, A. E., Zimpher, N. L., Thurlings, M., Evers, A. T., Vermeulen, M., Obanya, P., Avsec, S., Nurzarina Amran, Liu, S. H., Petko, D., Aesaert, K., Van Braak, J., … Brown, N. (2015). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Teaching and Teacher Education, 12(1), 1–17. http://dx.doi.org/10.1080/01443410.2015.1044943%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.581%0Ahttps://publications.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/2547ebf4-bd21-46e8-88e9-f53c1b3b927f/language-en%0Ahttp://europa.eu/.%0Ahttp://www.leg.st.

Supriatna, I., Karjiyati, V., & Asmahasanah, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Identifikasi. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education (AJME), 3(2), 182–198.

Thahir, R., Magfirah, N., & Anisa, A. (2021). Pengembangan Penuntun Praktikum Keanekaragaman Hewan Berbasis Contextual Teaching and Learning Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Biotek, 9(1), 75. https://doi.org/10.24252/jb.v9i1.20936.

Zaini, M., & Hidayati, N. (2019). Keefektivan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Penelitian Berbasis Perancangan Effectiveness of Lesson Plan Device through Design Based Research. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan Vol., 1(2), 74–82.

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Rahmi, E. G., Sudirman, D., & Sari, N. P. (2023). Pengembangan Panduan Praktikum IPA Berbasis Model Pembelajaran Kerja Sama Tim Kolaboratif (CTL) untuk Siswa SMPN 3 Bonjol. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 125–132. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14385
Received 2023-09-19
Accepted 2023-10-16
Published 2023-10-30