Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IV Paringgonan

Penulis

  • Nurhayati Siregar STAI BARUMUN RAYA SIBUHUAN
  • Irmasari Daulay STAI Barumun Raya Sibuhuan, Indonesia
  • Ratih Amaeini Hasibuan STAI Barumun Raya Sibuhuan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).13907

Kata Kunci:

Implementasi, Model Pembelajaran student fasilitator dan Ekspalanasi, motivasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and  explaining pada mata pelajaran IPA kelas IV Paringgonan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 0614 Paringgonan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Paringgonan dengan jumlah siswa 20. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining menunjukkan adanya peningkatan. Pada pra siklus persentase motivasi belajar siswa masih dalam kategori kurang (57%). Pada siklus I mengalami peningkatan, sehingga naik menjadi kategori cukup (74%). Dengan hasil akhir motivasi belajar IPA siswa dalam kategori sangat baik (89%). Maka dapat dibuktikan dengan model pembelajaran student facilitator and  explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV  Paringgonan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amelia, C., & Syahputra, E. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Mahasiswa. JURNAL CURERE, 3(1). https://doi.org/10.36764/jc.v3i1.174

Aziz, A., Ashari, A., & Maftukhin, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Purworejo,jilid 6 no 2 (2015).Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S., Supardi, S., & Suhardjono, S. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Astrilia, Sarasati. 2016. “Implementasi Model Student Facilitator And Explaining Materi Microsoft Excel untuk meningkatkan motivasi, sikap dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Patebon” Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Dimayati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Hazmiwati, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SISWA Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Himayati. 2007. Belajar Sendiri Zahir Accounting. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Muslihuddin. 2009. Kiat Sukses Melakukan Tindakan Kelas, Panduan Praktis untuk Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Rizki Press.

Musdalipa. 2022. Penerapan Model Pembelajaran SFE (Student Facilitator Explaining) Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin.

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Siregar, Nurhayati. 2020. Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Cooperatif Script. Sibuhuan: STAIBR.

Purwanto. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmayanti, Y. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Respon Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.244

Rahayu, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Eplaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 269. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p269-274.

Siregar, Hirayani. (2003). Pengelolaan kelas. Bandung: Angkasa Jaya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. 2012. Classroom Applications of Cooperative Learning. In K. R. Harris, S. Graham, T. Urdan, A. G. Bus, S. Major, & H. L. Swanson (Eds.), APA Educational Psychology Handbook (Vol. 3, pp. 359–378). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/13275-014.

Starani dan Ridwan. 2014. Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Sujati. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: FIP UNY.

Suharsimi Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Surya. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.

Diterbitkan

2023-10-29

Cara Mengutip

Siregar, N., Daulay, I., & Hasibuan, R. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IV Paringgonan. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 95–100. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).13907
Received 2023-07-26
Accepted 2023-09-21
Published 2023-10-29