Analisis Pendidikan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan Pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Dewi Wulandari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Yuyun Yulia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Titik Mutiah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).13065

Kata Kunci:

Karakter Disiplin, Pembiasaan, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Abstrak

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah adanya pendidikan karakter disiplin pada siswa melalui kegiatan pembiasaan di sekolah sehingga dengan adanya penanaman pendidikan karakter disiplin tersebut dapat lebih mendisiplinkan siswa, baik di sekolah, rumah, maupun di masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter disiplin melalui pembiasaan pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri Ngringin Moyudan Sleman. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai data dalam penelitian ini. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin melalui pembiasaan di SD Negeri Ngringin yaitu 1) membuat program pendidikan karakter; 2) membuat peraturan sekolah dan kesepakatan kelas; 3) membuat buku penghubung pemantauan perilaku disiplin siswa di rumah; 4) memberikan pesan-pesan moral di dinding-dinding sekolah dan kelas; 5) melibatkan orang tua/wali siswa dalam pendidikan karakter disiplin; dan 6) melibatkan komite sekolah dalam pendidikan karakter disiplin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amin, M.H. (2015). Pendidikan Karakter Anak Bangsa Edisi 2. Yogyakarta: Calpulis, 58.

Badi’ah, Shofwatul. (2016). Penerapan Disiplin Melalui Budaya Sekolah pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 46-54.. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/242

Fadhallah, R.A. 2021. Wawancara. Jakarta: UNJ Press, 2.

Fikri, Wahyu Najib, dkk. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan Modelling Perspektif Teori Behaviorisme di RA Syaamila Kids Kota Salatiga. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 46-56. https://doi.org/10.51529/ijiece.v5i2.179

Iqbal, Abu Muhammad. (2013). Konsep Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan. Jawa Timur: Jaya Star Nine, 246.

Isti'adah, F. N. (2020). Teori teori belajar dalam pendidikan. Tasikmalaya: Edupublisher.

Kemdikbud. (2018). Permendikbud No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta: Kemdikbud, 3-4.

Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar & Baik. Bandung: Nusa Media, 223.

Lickona, Thomas. (2013). Mendidik untuk Membentuk Karakter; Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara, 82.

Miles and Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 16.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta : Referensi, 10.

Prabowo, Sultan Hadi, dkk. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191-207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806

Subianto, Jito. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Eduksia Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331-354. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sudrajat, A. & Wibowo, A. (2013). Pembentukan Karakter Terpuji di Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 174-185. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1438

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 172.

Syarifudin, Muchamad. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Percobaan 2 Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Hanata Widya, 6(7), 47-54. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/242

Yasin, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, dan Rasa Hormat di MIN 05 Bandar Lampung. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3063. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5030

Yuliani, Wiwin. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Diterbitkan

2023-10-29

Cara Mengutip

Wulandari, D., Yulia, Y., Khosiyono, B. H. C., & Mutiah, T. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 85–93. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).13065
Received 2023-06-03
Accepted 2023-09-19
Published 2023-10-29